Dituduh Ragukan Kualitas Pemain Muda Juventus, Allegri Berikan Pembelaan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 08 April 2022
Dituduh Ragukan Kualitas Pemain Muda Juventus, Allegri Berikan Pembelaan
Massimiliano Allegri (Twitter)

BolaSkor.com - Massimiliano Allegri dianggap bukan tipe pelatih yang hobi mengorbitkan para pemain muda. Juru taktik Juventus itu ternyata punya alasannya.

Periode kedua Allegri menangani Juventus memang diganggu oleh badai cedera. Hal ini menjadi salah satu penyebab Bianconeri tercecer dari perburuan gelar.

Namun langkah Allegri mengantisipasi masalah ini mengundang kritik. Alih-alih mempromosikan pemain akademi, ia justru memainkan pemain senior bukan di posisi aslinya demi menambal lubang yang ditinggalkan deretan bintang yang cedera.

Kebijakan ini nyatanya tak berjalan mulus. Juventus masih kesulitan menemukan performa terbaik.

Baca Juga:

Allegri Klaim Sudah Teken Kontrak di Madrid, tetapi Tak Kuasa Tolak Juventus

Sulit Memahami Pemikiran Massimiliano Allegri jika Tak Mengerti Sepak Bola

Allegri Jawab Rumor Perpecahan Ruang Ganti Juventus

Keputusan Allegri ini dianggap media Italia menghambat regenerasi pemain. Kegagalan Gli Azzurri tampil di dua edisi Piala Dunia secara beruntun menjadi efeknya.

Namun Allegri punya alasan kuat untuk berhati-hati dalam mempromosikan pemain muda. Ia tak mau yang bersangkutan layu sebelum berkembang.

“Dalam beberapa tahun terakhir, saya perhatikan ada kecenderungan di Italia untuk menganggap para pemain seperti juara setelah dua atau tiga pertandingan. Namun itu membuat mereka berkembang terburu-buru dan lebih cepat dari jadwal,” kata Allegri dilansir dari Football Italia.

“Pemain berusia 20 tahun tidak akan pernah memiliki kedewasaan seperti pemain berusia 28 tahun.”

Mengandalkan pemain muda di tim utama memang bukannya tanpa risiko. Selain performa yang masih tak konsisten, mental mereka terkadang belum siap menghadapi tekanan.

Hal ini membuat banyak pemain muda yang gagal mencapai level maksimal. Mario Balotelli bisa menjadi contoh kasus terbaik di Italia.

Balotelli sudah mendapat menit bermain yang cukup banyak saat dipromosikan dari akademi Inter. Ia kemudian berpetualang ke luar negeri dengan pindah ke Manchester City.

Balotelli kemudian menjadi ujung tombak andalan Timnas Italia di Piala Eropa 2012. Namun setelah itu, kariernya secara perlahan justru meredup karena berbagai kontroversi di luar lapangan.

Juventus Massimiliano Allegri Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan