BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 gagal melangkah ke final cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 Vietnam, setelah kalah 0-1 dari Thailand U-23 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5) sore WIB. Laga ini juga diwarnai dengan empat kartu merah untuk pemain dari kedua tim.

Timnas Indonesia U-23 langsung menekan pertahanan Thailand dan mendapatkan peluang pada menit kedua lewat tendangan bebas Marc Klok. Namun, bola masih menyamping ke sebelah kanan gawang Thailand.

Selama 20 menit babak pertama Thailand sebetulnya kesulitan dalam membongkar rapatnya pertahanan Timnas Indonesia U-23. Peluang pertama tim asuhan Alexandre 'Mano' Polking baru didapat pada menit 25 lewat tendangan keras Benjamin Davei yang bisa ditepis Ernando Ari.

Timnas Indonesia U-23 kembali mendapat peluang di pengujung babak pertama lewat tendangan Marc Klok yang mengenai tiang gawang Thailand melalui skema sepak pojok.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Sepaktakraw Raih Emas Perdana, Angkat Besi Sumbang Perunggu

SEA Games 2021: Satu Medali Emas dan Perunggu dari Judo Indonesia

Di babak kedua Thailand mulai keluar menyerang dan berhasil mendapatkan sejumlah peluang. Namun, barisan pertahanan Timnas Indonesia U-23 mampu mengatasinya dengan baik.

Manajer pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, kemudian memasukkan Saddil Ramdani dan Syahrian Abimanyu untuk menggantikan Witan Sulaeman serta Marselino Ferdinan pada menit 63. Masuknya kedua pemain tersebut cukup positif.

Abimanyu tercatat mendapat dua peluang emas pada menit 71 dan 80 melalui tendangan bebas. Tim Merah-Putih juga nyaris mencetak gol jika sundulan Marc Klok tidak ditepis Kawin Thamsatchanan.

Karena tidak ada gol dari kedua tim selama 90 menit waktu normal, pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan selama 2x15 menit.

Babak Tambahan

Thailand langsung memberikan ancaman melalui tendangan keras Nakin Wisetchat. Beruntung, bola sepakan Wisetchat tersebut bisa ditepis Ernando Ari.

Memasuki menit 94 Thailand berhasil memecah kebuntuan lewat Weeratehep Pomphun. Pemain bernomor punggung 18 tersebut melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti Timnas Indonesia U-23 setelah sempat melakukan gerakan tipuan yang mengecoh Alfendra Dewangga.

Selepas gol tersebut Timnas Indonesia U-23 langsung merespons dengan melakukan tekanan melalui sisi kedua sayapnya terutama lewat Saddil Ramdani. Namun, upaya tak kenal lelah Skuat Garuda Muda belum berbuah hasil positif pada hari ini.

Baca Juga:

Ketum PSSI dan Ketua NOC Bakar Semangat Timnas Indonesia U-23 Lawan Thailand U-23

Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand U-23, Warga Vietnam Antre Dukung Garuda Muda

Memasuki menit-menit akhir keributan antarpemain dari kedua tim pecah yang diawali pelanggaran Firza Andika terhadap salah seorang pemain Thailand. Wasit Yahya Ali dari Uni Emirat Arab mengeluarkan tiga kartu merah untuk Timnas Indonesia U-23 dan satu untuk pemain Thailand.

Tiga kartu merah untuk Timnas Indonesia U-23 diberikan kepada Firza Andika, Ricky Kambuaya (kartu kuning kedua) dan Rachmat Irianto (kartu kuning kedua). Sementara pemain Thailand yang diusir wasit adalah William Gabriel.

Laga panas ini pun berakhir dengan skor 1-0 untuk Thailand dan membuat Timnas Indonesia U-23 gagal ke final Sepak Bola SEA Games 2021.

Dengan demikian, Tim Merah-Putih akan melakoni partai perebutan medali perunggu yang berlangsung Minggu (22/5).

Susunan pemain Thailand Vs Timnas Indonesia U-23:

Thailand:

Kawin Thamsatchanan; Nakin Wisetchat (Matee Sarakum,110'), Jonathan Khemdee, Chonnapat Buaphan; Airfan Doloh (Jaturapat Satham,100'), Benjamin James Davis (William Gabriel,95'); Weerathep Pomphun, Chayapipat Supanpasuch (Anusak Jaiphet,110'), Worachat Kanitsribumphen (Narakorn Noomchansakool,111'); Ekanit Panya, Korawich Tasa (Patrick Gustavsson,74')

Pelatih: Alexandre 'Mano' Polking

Indonesia:

Ernando Ari; Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga (Firza Andika,102'); Marc Klok Ricky Kambuaya; Marselino Ferdinan (Syahrian Abimanyu,63)'; Egy Maulana Vikri (Ronaldo Kwateh,90'), Witan Sulaeman (Saddil Ramdani,63'), Irfan Jauhari (Muhammad Ridwan,90', Ilham Rio Fahmi,108')

Pelatih: Shin Tae-yong