BolaSkor.com - Ratu Tisha Destria secara resmi telah mengumumkan mundur dari jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI. Keputusan ini menimbulkan perdebatan dari banyak pihak, karena Ratu Tisha tidak menjelaskan alasan utama mengapa mengundurkan diri dari posisi tersebut.

Namun ada yang berspekulasi mundurnya Ratu Tisha lantaran ditegur oleh Djohar Arifin pada saat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menggelar rapat secara virtual dengan Komisi X DPR RI pada 8 April 2020 lalu.

Banyak hal yang dibahas pada rapat tersebut, salah satu yang menjadi sorotan ialah pada saat Djohar Arifin menegur Iriawan lantaran manuver Ratu Tisha semasa menjadi Sekjen. Ratu Tisha dianggap mengambil keputusan yang melangkahi perannya sebagai Sekjen.

Baca Juga:

Presiden Borneo FC Sebut Ratu Tisha sebagai Sekjen PSSI yang Sukses

Dua Penggawa Timnas Putri Indonesia Nilai Ratu Tisha sebagai Sosok Panutan Wanita di Sepak Bola Tanah Air

Mantan Ketum PSSI periode 2011-2015 ini memberikan dua contoh kasus. Pertama, Ratu Tisha menunda pertandingan leg kedua Piala Indonesia antara PSM Makassar melawan Persija. Kedua, Djohar merasa dicampakan saat menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-23 pada ajang SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Salah satu anggota Koomite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan Ratu Tisha tidak menjelaskan alasan mengapa mengundurkan diri dalam surat pengunduran dirinya.

"Bagi saya, tak tahu persis tentang alasan mundurnya itu, bisa saja karena teguran tersebut. Tapi itu tidak disampaikan ke kami alasannya. Hubungi langsung saja ke Ratu Tisha. Bisa saja ada hubungannya, tapi tidak disampaikan secara tersurat kepada kami alasan-alasan pengunduran diri," ujar Yunus Nusi.

Selain itu Yunus Nusi juga mengatakan bahwa teguran yang dilakukan oleh Djohar terhadap Ratu Tisha tidak membuat PSSI menegur wanita berumur 34 tahun tersebut. Terlebih saat ini komunikasi di internal PSSI juga masih terbatas.

"Tidak. Tidak ada teguran. Kebetulan kami sedang work from home. PSSI juga lagi tidak begitu aktif. Hanya komunikasi via WhatsApp saja. Setelah pernyataan yang disampaikan Komisi X DPR dalam hal ini mantan Ketua PSSI, tidak kami bahas secara resmi. Menegur Tisha pun tidak," jelasnya.