Dominasi Klub Spanyol di Final Kejuaraan Eropa

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 02 Juni 2022
Dominasi Klub Spanyol di Final Kejuaraan Eropa
Real Madrid (LaLiga)

BolaSkor.com - Gol Vinicius dan penyelamatan Thibaut Courtois membuat Real Madrid menang 1-0 atas Liverpool di final Liga Champions 2021-2022. Walhasil, Los Blancos berhasil membawa trofi tersebut kembali ke Spanyol sekali lagi. Ini adalah ke-14 kali Real Madrid memenangkan kompetisi klub papan atas UEFA, dua kali lipat dari catatan tujuh gelar klub tersukses kedua, AC Milan.

Kemenangan Real Madrid di Paris juga merupakan yang ke-17 kalinya secara beruntun di mana klub dari LaLiga mengalahkan lawan non-Spanyol di final Liga Champions atau Liga Europa atau Piala UEFA. Dengan kata lain, satu-satunya pertandingan final sejak 2001 di mana tim Spanyol kalah di final di salah satu dari dua kompetisi klub teratas UEFA, adalah ketika mereka menghadapi rival domestik.

Secara keseluruhan, tim LaLiga telah memenangi 33 trofi UEFA di abad ke-21, jumlah yang sama dengan gabungan semua liga lainnya. Dari 22 final Liga Champions yang dimainkan abad ini, ada 10 kemenangan tim Spanyol, sementara 11 dari 22 final Liga Europa atau Piala UEFA juga dimenangkan oleh tim dari Spanyol.

Baca Juga:

Real Madrid Incar Kiper Muda Amerika Serikat, Gabriel Slonina

Membedah Real Madrid Melalui Angka

Gagal Rekrut Mbappe, Madrid Siapkan 100 Juta Euro untuk Tchouameni

Itu berarti 15 dari 21 Piala Super Eropa yang diadakan abad ini telah menampilkan setidaknya satu tim Spanyol, dan berakhir 12 kemenangan untuk mereka.

Pada tahun 2022, bisa saja ada pemenang Piala Super Eropa asal Spanyol lainnya, mengingat Real Madrid akan menghadapi Eintracht Frankfurt di Helsinki. Trofi tersebut akan menjadi trofi UEFA ke-67 yang diperebutkan di abad ke-21, setelah 21 edisi Piala Super Eropa sebelumnya, 22 final Liga Champions, 22 final Liga Europa atau Piala UEFA, dan satu edisi Conference League.

Dari 66 gelar utama UEFA sebelumnya, klub LaLiga telah memenangkan tepat setengahnya, sedangkan liga terdekat berikutnya adalah Premier League dengan 20 trofi Eropa lebih sedikit saat ini, karena tim Inggris telah mengklaim 13 gelar abad ini.

Kemudian, enam dimenangkan klub asal Italia, enam untuk klub Jerman, tiga klub Portugal, tiga klub Rusia, satu klub Ukraina, dan satu klub Belanda.

Ke-33 kemenangan tim asal Spanyol di kompetisi UEFA diraih oleh enam tim berbeda. Real Madrid memiliki catatan kemenangan paling banyak dengan 10, diikuti oleh Barcelona dengan tujuh, Sevilla dengan tujuh, Atletico Madrid dengan enam, Valencia dengan dua, dan Villarreal dengan satu. Tiga klub Spanyol lainnya juga mencapai final UEFA, yaitu Deportivo Alaves, RCD Espanyol, dan Athletic Bilbao.

Kompetisi UEFA abad ini benar-benar telah didominasi oleh tim Spanyol, dengan trofi UEFA yang paling prestisius kembali dimenangkan oleh Real Madrid.

Sorotan sekarang beralih ke tanggal Piala Super Eropa, yakni pada bulan Agustus, dengan klub asal Spanyol sekali lagi tampil dalam pertandingan pembukaan musim sepak bola Eropa.

Real Madrid Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.556

Bagikan