BolaSkor.com - Legenda sepak bola Prancis yang juga mantan Presiden UEFA, Michel Platini, ditangkap Kepolisian Prancis terkait kasus dugaan korupsi dalam pemilihan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dilansir BBC, Platini ditangkap Kepolisian Prancis di Wilayah Nanterre, Paris, pada Selasa (18/6) pagi waktu setempat. Platini ditangkap untuk dimintai keterangan sebagai bagian investigasi.

Baca juga:

Plus-Minus Juventus Pilih Maurizio Sarri Sebagai Pelatih

Menilik Strategi Transfer Juventus Bersama Maurizio Sarri

Nama Platini sudah dikaitkan dengan kasus suap Piala Dunia 2022 sejak 2015 lalu. Saat itu legenda Juventus tersebut dituduh menerima uang 2 juta dollar AS dari mantan Presiden FIFA Sepp Blatter untuk mendukung Qatar menjadi tuan rumah.

Platini, Presiden UEFA sejak 2007 hingga mundur 2016, saat itu dinyatakan bersalah oleh Komite Etik FIFA dan dihukum enam tahun larangan beraktivitas di sepak bola. Namun setelah banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS), hukuman Platini berkurang menjadi empat tahun. Hukuman yang akan berakhir Oktober 2019 mendatang. Dengan penangkapan kali ini, jika terbukti bersalah Platini terancam hukuman penjara.

Terpilihnya Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadi kontroversi karena kasus korupsi yang melibatkan sejumlah petinggi FIFA. Sejumlah petinggi FIFA sudah ditahan seperti Jeffrey Webb, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Jack Warner, dan Eugenio Figueredo.

Selain Platini, Claude Gueant, yang merupakan mantan penasihat mantan presiden Prancis, Nicolas Sarkozy juga diperiksa, namun tidak ditahan.