BolaSkor.com - Perayaan ulang tahun ke-94 Persija Jakarta yang jatuh pada Senin, (28/11/2022) berlangsung secara sederhana di Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Acara diisi dengan doa bersama, santunan kepada anak yatim piatu, peluncuran jersey spesial HUT ke-94 dan ditutup dengan laga fun football yang mempertemukan legenda Persija, awak media, dan The Jakmania.

Presiden Persija, Mohamad Prapanca, menjelaskan bahwa pihaknya tidak merayakan ulang tahun secara besar-besaran karena situasi tidak mendukung.

Seperti diketahui, Liga 1 musim ini dalam status vakum sejak 3 Oktober 2022 akibat Tragedi Kanjuruhan yang memakan 135 korban jiwa.

"Perayaan ulang tahun ini sebenarnya di satu sisi kita bahagia, kita mencapai usia 94 tahun dengan segala kemajuan yang kita lakukan, yang tertunda dari tahun 2020, tapi di satu sisi kita juga harus sabar bahwa keadaan hari ini sangat banyak hal luar biasa terjadi," kata Prapanca kepada awak media.

Baca Juga:

Harapan Thomas Doll di Usia Persija ke-94: Naik Level dan Berbicara Banyak di Pentas Internasional

Nostalgia - Kejayaan Persija Jakarta dengan Identitas Merah-Putih

Prapanca berharap situasi sulit ini bisa segera berakhir. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) berencana kembali menggulirkan Liga 1 mulai 2 Desember 2022.

Rencana itu mulai mendapatkan titik terang setelah pada Senin (28/11) sore, PT LIB bersama PSSI, Polri, dan kementerian terkait menggelar rapat koordinasi atau rakor di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Setelah rakor itu, pihak kepolisian mengundang PSSI dan PT LIB untuk menggelar rakor lanjutan di Mabes Polri.

"Mudah-mudahan ini semua segera berakhir dan kita bisa menjalankan liga dalam waktu dekat," ujar Prapanca.

Terkait dengan tema dalam ulang tahun ke-94 Persija, Prapanca mengatakan pihaknya tetap mengusung jargon 'To The Next Level'.

Jargon ini diperkenalkan sejak Persija mulai mentransformasi diri menjadi tim yang lebih baik di luar dan di dalam lapangan.

Di luar lapangan, Persija membenahi dan membangun training ground di kawasan Sawangan, Depok. Di dalam lapangan, Persija merekrut pelatih kelas dunia Thomas Doll.

Mantan pelatih Borussia Dortmund asal Jerman itu membuat Persija mengerikan dengan merekrut pemain asing kelas wahid, yakni Hanno Behrens, Michael Krmencik, Ondrej Kudela, dan Yusuf Helal.

Tak hanya itu, Macan Kemayoran melalui Thomas Doll meregenerasi pemain muda. Nama-nama seperti Muhammad Ferarri, Cahya Supriadi, Frengky Missa, dan Ginanjar Wahyu adalah produk Persija yang kemudian diandalkan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023 dan Piala Asia U-20 2023.

"Sayang saja karena suasananya tidak mendukung, kita tidak bisa merayakan ultah ini semeriah mungkin. Jadi kita harapkan tetap menjaga semangat dan sinergi dengan para suporter kami dalam ultah 94 Persija Jakarta ini," tutur Prapanca.