Duo Milan Bersatu Buat Stadion Baru, San Siro yang Ikonik Pun Jadi Korban

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 25 Juni 2019
Duo Milan Bersatu Buat Stadion Baru, San Siro yang Ikonik Pun Jadi Korban
San Siro (Twitter)

BolaSkor.com - AC Milan dan Inter Milan telah mencapai kata sepakat untuk membangun stadion baru tepat di area berdirinya San Siro (Giuseppe Meazza) saat ini. Nantinya, San Siro akan dirobohkan saat stadion baru dapat digunakan.

Paolo Scaroni, Supremo Milan, mengonfirmasi kesepakatan dua klub besar Italia itu untuk membangun stadion baru dan merobohkan stadion lama.

"Segalanya terus berlangsung (proses pembangunan stadion baru). Kami akan membuat San Siro yang baru bersama," tutur Scaroni kepada Gazzetta dello Sport.

"Kami akan membuat San Siro yang baru bersama, di samping stadion lama di satu area yang sama. Stadion lama akan dirobohkan dan di tempat yang sama ada bangunan baru yang akan dibangun," terangnya.

Baca Juga:

Resmi Latih AC Milan, Marco Giampaolo Jadi Pelatih ke-60 Rossoneri

Tampung Talenta Real Madrid, Paolo Maldini Telah Berbicara dengan Bek Kiri Los Blancos

Plus-Minus Antonio Conte sebagai Pelatih Inter Milan

San Siro

Pengumuman itu jelas menjadi berita mengejutkan bagi fans Milan, Inter, dan pecinta sepak bola Eropa, pasalnya San Siro bukan sekedar stadion biasa di Italia. Dibuka pada 1926, San Siro merupakan stadion ikonik dan bersejarah di dunia.

San Siro menjadi 'saksi mati' momen naik turun kedua klub Kota Milan, menjadi tempat dihelatnya laga-laga final Liga Champions, serta laga-laga besar dan momen bersejarah dalam sejarah sepak bola Eropa.

Wajar jika banyak yang sedih dan terkejut mendengarkan kabar tersebut. Mendengar kabar akan dirobohkannya San Siro bak mendengar Highbury, markas Arsenal, dirobohkan di masa lalu kemudian diganti Emirates Stadium.

Salah satu momen ikonik di San Siro

"San Siro akan dirobohkan karena Milan akan membangun markas baru tepat di sampingnya. Menyedihkan. Venue sepak bola global paling ikonik akan dihancurkan, menemui takdir yang sama seperti bangunan brutal baru lainnya di dunia," tutur penulis, Pablo Maurer.

AC Milan dan Inter Milan masih akan menempati San Siro selagi stadion baru dibuat. Stadion berkapasitas 80.018 penonton itu menyimpan banyak kenangan, khususnya ketika Derby della Madonnina terjadi.

Diharapkan stadion baru sudah bisa digunakan untuk membuka seremoni pembukaan Olimpiade 2026. Namun, Scaroni pesimistis stadion baru itu bisa digunakan saat Olimpiade 2026.

"Ini (pembangunan stadion) merupakan proses yang sangat rumit. Akan indah bisa membuka seremonia pembukaan Olimpiade (2026) di San Siro yang baru, tapi kami tidak yakin," pungkas Scaroni.

Breaking News Milan AC Milan Inter Milan San Siro Giuseppe meazza Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan