Emiliano Martinez, Manusia Paling Dibenci di Dunia dan Banyak Dikritik

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 24 Desember 2022
Emiliano Martinez, Manusia Paling Dibenci di Dunia dan Banyak Dikritik
Emiliano Martinez (Twitter)

BolaSkor.com - Keberhasilan Timnas Argentina dalam memenangi Piala Dunia 2022 Qatar masih terus dibahas sampai saat ini. Albiceleste mengakhiri penantian 32 tahun (terakhir 1986) dalam mendapatkan titel ketiga Piala Dunia.

Pada final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Argentina menang 4-2 di drama adu penalti melawan juara bertahan Prancis. Adu penalti terjadi karena laga berakhir imbang 3-3 di waktu normal melalui hat-trick gol Kylian Mbappe, serta dua gol Lionel Messi dan Angel Di Maria.

Penjaga gawang timnas Argentina, Emiliano Martinez, terpilih sebagai pemenang penghargaan Sarung Tangan Emas atau penghargaan untuk kiper terbaik turnamen. Tidak hanya ia jadi pahlawan Argentina di drama adu penalti lawan Prancis, tetapi juga kala melawan Belanda di perempat final.

Nama Emiliano Martinez kian terkenal karena eks kiper Arsenal ada dalam sejarah emas Argentina saat memenangi Copa America dan Piala Dunia. Penjaga gawang berusia 30 tahun terkenal dengan karakternya yang esentrik.

Baca Juga:

Emiliano Martinez Ungkap Resep Tampil Brilian pada Adu Tendangan Penalti

Setelah Kylian Mbappe, Emiliano Martinez Kini Ledek Aurelien Tchouameni

Bantuan Emiliano Martinez di Balik Gol Penalti Paulo Dybala ke Gawang Prancis

Martinez tidak segan dalam mengintimidasi lawan dengan caranya dan bahkan meluapkan emosinya tanpa batasan. Contoh dari itu sudah banyak di Piala Dunia, seperti komentarnya mengenai Belanda hingga tarian selebrasi pasca menepis penalti Kingsley Coman, pemain Prancis.

Martinez bahkan bergaya setelah diberi penghargaan Sarung Tangan Emas. Tidak berhenti sampai di situ saja, Martinez jadi sorotan kala melakukan selebrasi dengan timnas Argentina di kampung halaman saat membawa replika trofi Piala Dunia.

Martinez menggendong bayi dengan wajah Mbappe setelah sebelumnya di kamar ganti pemain Argentina, Martinez juga menyindir striker PSG dengan ucapan "Mari mengheningkan cipta untuk Kylian Mbappe."

Segala tindakannya itu dinilai sudah kelewat batas apalagi setelah laga melawan Prancis, Martinez sempat menghibur Mbappe yang kecewa gagal membawa Prancis juara setelah menorehkan hat-trick gol.

Menurut mantan bek timnas Prancis, Adil Rami, Martinez kini jadi manusia paling benci di dunia. "Sosok paling mengesalkan di dunia sepak bola. Pria paling dibenci," tutur Rami.

Bahkan Presiden Asosiasi Sepak Bola Prancis (FFF), Noel Le Graet, telah menuliskan surat kepada Presiden Asosiasi Sepak Bola Argentina, Claudio Tapia, mengenai sikap Martinez. Le Graet juga menyindir FIFA.

"Itu (sikap Martinez) terlalu berlebihan, sikap Mbappe layak dicontoh," tambah Le Graet.

"Ini adalah hinaan yang tidak layak, dan apa yang FIFA lakukan? Olahraga adalah masalah permainan yang adil dan menunjukkan rasa hormat kepada orang lain, juga menunjukkan rasa hormat kepada yang kalah."

Pelatihnya di Aston Villa, Unai Emery, juga tak menyukai sikap yang diperlihatkan Martinez tersebut. Ia menghargai waktu Martinez bersama dengan Argentina, tetapi jika ia kembali ke Villa nanti maka Emery akan berbicara kepadanya.

"Bila Anda memiliki emosi yang besar, terkadang sulit untuk mengendalikannya,” ucap Emery dikutip dari Goal.

"Saya akan berbicara dengannya minggu depan tentang beberapa selebrasi. Tapi untuk saat ini saya menghormati bahwa dia sekarang bersama tim nasionalnya. Ketika dia akan bersama kami dan di bawah tanggung jawab kami, kami bisa membicarakannya nanti.”

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Emiliano Martinez Argentina Timnas Argentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan