Enzo Fernandez dan 9 Transfer Termahal Sepanjang Masa Inggris

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 03 Februari 2023
Enzo Fernandez dan 9 Transfer Termahal Sepanjang Masa Inggris
Enzo Fernandez (Laman Resmi Chelsea)

BolaSkor.com - Chelsea menjadi bintang di bursa transfer musim dingin dengan aktivitas transfer yang sudah mereka lakukan, dari awal transfer dibuka sampai deadline transfer. Deadline pun diakhiri The Blues dengan pemecahan rekor.

Chelsea melengkapi transfer di musim dingin menjadi delapan pemain anyar saat memastikan servis gelandang berusia 22 tahun, Enzo Fernandez, dari Benfica sebesar 106 juta poundsterling dan dikontrak hingga 2031.

Itu memastikan Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2022 asal Argentina sebagai penilik rekor transfer termahal di Inggris. Fernandez menempati urutan teratas dalam daftar tersebut setelah rekor pecah pada dua tahun silam (2021).

Baca Juga:

Dikenalkan Chelsea, Enzo Fernandez Salut dengan Kegigihan The Blues

Sederet Informasi Mengenai Rekor Transfer Chelsea di Inggris, Enzo Fernandez

Enzo Fernandez dan Tren Buruk Rekrutan Mahal dari Benfica

Selain Enzo Fernandez masih ada sembilan pemain lainnya yang masuk ke dalam daftar 10 tranfer termahal sepanjang masa di Inggris. Siapa saja?

1. Jack Grealish (103 Juta Poundsterling)

Pada 2021 pemecah rekor transfer Inggris sebelum Enzo Fernandez adalah produk lokal, Jack Grealish. Manchester City menebus kapten Aston Villa sebesar 103 juta poundsterling pada musim panas 2021.

Dua tahun dengan Man City, Jack Grealish sudah memenangi satu trofi Premier League. Kendati demikian kualitasnya masih dipertanyakan sebab pemain berusia 27 tahun belum tampil reguler di bawah arahan Pep Guardiola.

2. Romelu Lukaku (99 Juta Poundsterling)

Pada 2021 juga Chelsea kembali mencoba peruntungan dengan merekrut Romelu Lukaku dari Inter Milan sebesar 99 juta poundsterling. The Blues butuh penyerang karena kinerja Timo Werner tak memuaskan.

Lukaku pun datang dan ironis, pada periode kedua dengan Chelsea pun ia kesulitan bermain dan beradaptasi dengan skema yang diterapkan Thomas Tuchel. Pada akhirnya Lukaku (29 tahun) dipinjamkan ke Inter Milan pada 2022.

3. Paul Pogba (92 Juta Poundsterling)

Produk akademi Manchester United yang dilepas klub dan berkembang pesat dengan Juventus (2012-2016). Man United pun datang untuk kembali merekrutnya di bawah besutan Jose Mourinho pada 2016 sebesar 92 juta poundsterling.

Enam tahun berkarier di periode kedua bareng Man United, performa Pogba inkonsisten dan begitu juga klub secara menyeluruh. Pogba kembali ke Juventus saat ini usai memenangi titel Piala Liga dan Liga Europa dengan Man United.

4. Antony (83 Juta Poundsterling)

Rekrutan anyar Man United pada musim panas 2022 dan mewarnai era Erik ten Hag. Antony diboyong dari mantan tim Ten Hag, Ajax Amsterdam, sebesar 83 juta poundsterling. Antony berposisi sebagai penyerang sayap dan baru berusia 22 tahun.

Pada awalnya Antony mampu menyihir fans dengan kualitas teknik dan gol-golnya. Lambat laun performa Antony inkonsisten dan memunculkan pertanyaan mengenai kualitas dengan perbandingan harga tersebut. Meski begitu karier Antony masih panjang.

5. Harry Maguire (76 Juta Poundsterling)

Banderol yang seolah menjadi beban besar baginya. Harry Maguire diboyong Man United dari Leicester City pada 2019 sebesar 76 juta poundsterling dan ia langsung dipilih jadi kapten tim. Dalam kurun waktu empat tahun Maguire selalu jadi bahan pembicaraan.

Bagaimana tidak, kualitas Maguire acapkali dipertanyakan dengan banyaknya blunder dan kesalahan yang dilakukan hingga pertahanan Man United rawan ditembus. Itu terjadi sebelum Ten Hag menggesernya ke bangku cadangan.

6. Jadon Sancho (75 Juta Poundsterling)

Masih berkaitan dengan Man United dan transfer pemain juga terjadi pada 2021. Man United membawa pulang kembali pemuda asal Inggris, Jadon Sancho, kembali ke kampung halaman setelah berkembang pesat bersama Borussia Dortmund.

Sancho diboyong dengan banderol 75 juta poundsterling dan selama dua tahun terakhir situasinya tak mudah dengan Man United. Inkonsistensi bermain pemain berusia 22 tahun mengharuskan Erik ten Hag untuk bersabar kepadanya.

7. Romelu Lukaku (74 Juta Poundsterling)

Sebelum direkrut Chelsea pada periode kedua, Man United sudah terlebih dahulu memecahkan rekor kala merekrut Lukaku pada 2017 sebesar 74 juta poundsterling. Lukaku didatangkan setelah tampil bagus bersama Everton.

Akan tapi dalam kurun waktu dua tahun di Man United, Lukaku inkonsisten dan tidak jarang juga tampil buruk. Pada akhirnya Lukaku dijual Man United pada 2019 ke Inter Milan dan kariernya bangkit lagi di sana.

8. Virgil van Dijk (74 Juta Poundsterling)

Salah satu pembelian sukses Liverpool dan juga transfer terbaik Januari. Uang sebesar 74 juta poundsterling dikeluarkan Liverpool kala memboyong Virgil van Dijk dari Southampton pada Januari 2018 dan ia masih bertahan sampai saat ini.

Performa Liverpool tengah menurun tetapi itu tak menutup fakta kontribusi besar Van Dijk menambah kekuatan di lini belakang, serta membantu klub juara Liga Champions, Premier League, Piala Liga, dan Piala FA.

9. Wesley Fofana (70 Juta Poundsterling)

Era Todd Boehly di Chelsea diwarnai dengan kedatangan pemain anyar dengan banderol fantastis. Pada musim panas 2022 Chelsea sudah mengawalinya ketika merekrut Wesley Fofana (22 tahun) dari Leicester City.

Dikontrak selama tujuh tahun, Fofana dibeli sebesar 70 juta poundsterling dan sayangnya saat ini tak banyak bermain karena cedera.

Trivia Sepak Bola Chelsea Enzo Fernandez Transfer Isu Transfer Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan