Erick Thohir Sindir Naturalisasi, Sudah Tidak Sejalan dengan Shin Tae-yong?

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 02 Maret 2023
Erick Thohir Sindir Naturalisasi, Sudah Tidak Sejalan dengan Shin Tae-yong?
Jordi Amat mencatatkan debut untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja, Jumat (23/12). (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, menyindir program naturalisasi yang tak kunjung membawa Timnas Indonesia berprestasi. Terakhir, ia menyoroti program naturalisasi saat pergelaran Piala AFF 2022.

Saat itu, ada Marc Klok, Ilija Spasojevic, dan Jordi Amat, pemain naturalisasi yang bermain di Piala AFF 2022. Nama terakhir baru saja disahkan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), beberapa bulan jelang Piala AFF 2022.

Sementara itu, dua nama pemain naturalisasi keturunan lainnya, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama tak bermain. Sandy tak diizinkan klubnya, sedangkna Shayne proses naturalisasinya baru berakhir usai Piala AFF 2022.

Baca Juga:

Soal Isu Kontrak Shin Tae-yong Tak Diperpanjang, Erick Thohir Beri Tanggapan

Bolivia dan Tajikistan Terancam Batal, Timnas Indonesia Cari Lawan Lagi untuk FIFA Matchday

"Ada naturalisasi silakan, tapi jangan sebagai bangsa itu (berpikir) pakai naturalisasi itu menang. Enggak," kata Erick Thohir kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3).

"Kemarin (Piala) AFF naturalisasinya sangat bagus, kalah. Ya kan? Tim ini (Timnas Indonesia) main 11 pemain bukan tujuh pemain, itu yang bisa saya jawab," tambah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Pernyataan Erick Thohir ini di luar dugaan, mengingat program naturalisasi pemain keturunan merupakan inisiatif langsung pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Saat ini, masih ada tiga nama pemain keturunan yang hendak dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Mereka adalah Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner.

Dokumen ketiga pemain tersebut sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah itu proses selanjutnya adalah pembahasan di DPR-RI. Namun, proses ini sedikit terhambat karena anggota DPR tengah menjalani masa reses sampai 13 Maret mendatang.

Erick thohir Pssi Timnas Indonesia Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.036

Bagikan