BolaSkor.com - Debut positif dilakukan Erling Haaland dengan Manchester City di Premier League. Memasuki musim 2022-2023 sebagai juara bertahan, The Citizens menang 2-0 di markas West Ham United.

Haaland (22 tahun) yang direkrut seharga 60 juta euro dari Borussia Dortmund memborong dua gol di pertandingan tersebut. Performa hebatnya sudah membuat publik melupakan kegagalannya mencetak gol di Community Shield lawan Liverpool.

Gol kedua Haaland bahkan lebih spesial. Menerima umpan dari Kevin De Bruyne, Haaland onside saat berlari di antara bek West Ham dan mengonversi peluang itu menjadi gol.

Legenda Manchester United, Paul Scholes, yang kini jadi pandit sepak bola turut dibuat kagum dengan penampilan Haaland. Scholes melihat striker asal Norwegia itu bak mantan rekan setimnya di Man United, Ruud van Nistelrooy. Keduanya sama-sama predator ulung di kotak penalti.

Baca Juga:

West Ham United 0-2 Manchester City: Erling Haaland Borong Dua Gol

Erling Haaland di Antara Sergio Aguero dan Lionel Messi

Demi Piala Dunia 2022, Jack Grealish Diminta Berkembang di Manchester City

“Dia (Haaland) pemain yang sangat muda, sangat percaya diri. Dia sangat mengingatkan saya pada Ruud van Nistelrooy, seorang finisher yang kejam," papar Scholes sebagaimana diwartakan dari Manchester Evening News.

“Ketika dia lolos, Anda merasa dia akan mencetak gol dan Anda merasa dia tidak akan memberi kesempatan kepada kiper. Bahkan melihat penaltinya, dia sangat yakin tentang itu, hanya selangkah dan membentur pojok bawah."

"Itu adalah debut yang hebat, saya pikir mungkin butuh sedikit waktu tetapi saya sedikit salah lagi, tetapi anak ini memiliki kualitas nyata, mencetak gol, pergerakannya. Bayangkan bermain di belakangnya!"

Pujian juga dilontarkan manajer Man City, Pep Guardiola kepada putra dari mantan pemain City Alf-Inge Haaland tersebut. Guardiola suka dengan kualitas, ambisi, dan mentalitas Haaland usai dikritik pasca Community Shield.

“Saya tahu bagaimana dia menangani banyak kritik minggu ini, dia sangat tenang dan berlatih dengan sangat baik,” imbuh Guardiola baru ini.

“Tapi cara dia mengambil bola untuk mengambil penalti, saya menyukainya. Dia langsung dan jika seseorang akan mengambil bolanya, dia akan meninju wajah salah satu temannya. Saya cukup yakin akan hal itu."

“Ini tentang kepercayaan diri, ambisi, dan mentalitas. Itu menunjukkan saya. Saya menyukainya. Dan tentu saja dia mencetak gol," urai dia.