BolaSkor.com - PSSI sudah memutuskan untuk kembali menggelar kompetisi pada bulan Oktober. Kepastian ini diberikan oleh PSSI lewat Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020. Namun ada beberapa tim yang menolak untuk melanjutkan kompetisi.

Tim-tim yang menolak adalah Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Barito Putera, Persita Tangerang, dan terakhir Pesipura Jayapura. Tiga tim menolak lantaran pandemi Virus Corona masih aktif di Indonesia. Sementara Persebaya dan Persipura menolak karena belum adanya izin dari pemerintah.

Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi angkat bicara terkait dengan izin pemerintah. Menurutnya, ada beberapa elemen penting untuk bisa menggelar kompetisi.

Baca Juga:

Ketum PSSI Yakin Empat Tim yang Menolak Kelanjutan Liga 1 Bisa Kembali Satu Suara

PSSI Baru Terima Roadmap Timnas Indonesia U-19 dari Shin Tae-yong, Tim Senior Belum

"Pemerintah itu kan ada banyak, dari mulai Kepolisian, Gugus Tugas Covid, dan Kemenpora. Saat ini ketiganya ini belum solid satu suara," ujar Yoyok saat dihubungi oleh wartawan.

"Jadi kalau menurut Gugus Tugas belum boleh, tapi Kemenpora sudah buat portokol dan itu artinya sudah boleh kan, jadi Kemenpora boleh dengan syarat," tambahnya.

Selain itu, pria yang menjabat sebagai CEO PSIS Semarang itu juga menunggu keputusan dari pihak Kepolisian. Karena ini pasti berpengaruh dengan persiapan tim sebelum berlaga di Liga 1.

"Dari Kepolisian itu belum, karena Kepolisian itu per wilayah itu berbeda-beda. Contohnya Polda Jawa Timur pasti tidak boleh, karena masih merah dan parah. Ini kita PSSI masih tunggu dari pemerintah, satu kebajakan itu untuk liga itu kapan nanti akan dikeluarkan," pungkasnya.