BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) melihat sisi positif jika Thailand menjadi tuan rumah Piala AFF 2020. Setidaknya akan membuat klub Liga Thailand tidak perlu bersusah hati.

Para pemain pilihan tidak perlu melakukan karantina selama 14 hari, mengingat tidak melakukan perjalanan ke luar dan ke dalam negeri. Artinya pemain bisa lebih cepat bergabung ke klub setelah Timnas Thailand merampungkan Piala AFF 2020, yang direncanakan digelar 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2020.

Baca Juga:

Timnas Thailand Dirumorkan Akan Ditangani Pelatih Asal Spanyol

Tim Pelatih Timnas Indonesia Pelajari Kekuatan Australia dari Ajang Olimpiade

"Jika menjadi satu-satunya tuan rumah dan apabila itu memungkinkan, Thailand bisa meminta untuk menjadi tuan rumah untuk persoalan karantina selama 14 hari saat kembali ke Thailand. Tanpa karantina, saya percaya klub akan bekerja sama dalam pelepasan pemain," kata Sekjen FAT, Patit Supaphong dikutip dari SMMSport.

Patit Supaphong juga menyampaikan rencana penggunaan pemain U-23 di Piala AFF 2020. Adapun di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, pemain U-21 akan ditampilkan.

"Masalahnya belum ada pedoman. Isu utama adalah program Liga Thailand musim baru, setiap klub menginginkan federasi menetapkan pemain usia berapa yang dipakai dalam setiap set timnas."

"Karena ketika pergi untuk kompetisi akan ada karantina 14 hari saat kembali ke Thailand, seperti Piala AFF jika tidak bermain di Thailand. Pasti akan memengaruhi meski Liga Thailand akan berhenti sebelum putaran kedua."

Sementara itu, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) belum merilis secara resmi format yang akan digunakan. Semula AFF ingin mengumumkan pada Juli, sementara drawing akan dilakukan pada 10 Agustus.