Formasi 3-5-2 di Balik Kebangkitan Juventus

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 22 Oktober 2022
Formasi 3-5-2 di Balik Kebangkitan Juventus
Juventus 4-0 Empoli (Twitter)

BolaSkor.com - Juventus tampil superior saat menjamu Empoli dalam lanjutan Serie A 2022-2023. Hasil ini tak lepas dari penggunaan formasi 3-5-2 yang diterapkan Massimiliano Allegri.

Dalam laga yang berlangsung di Allianz Stadium, Sabtu (22/10) dini hari WIB, Juventus mampu mengalahkan Empoli dengan skor 4-0. Empat gol kemenangan Juventus dicetak oleh Moise Kean (8'), Weston McKennie (55') dan Adrien Rabiot (82', 90+4').

Ini merupakan kali pertama sepanjang Serie A 2022-2023, Juventus mampu meraih dua kemenangan beruntun. Hal tersebut menjadi bukti Leonardo Bonucci dan kawan-kawan sudah berada di jalur yang benar.

Baca Juga:

Bantai Empoli dengan skor 4-0, Juventus Bermain Padu bak Tim

Juventus Ingin Tambah Masa Bakti Leonardo Bonucci

Kejutan, Paul Pogba Sudah Gabung Latihan Juventus

Kebangkitan Juventus memang dimulai saat mengalahkan Torino dengan skor 1-0, pekan lalu. Dalam situasi terjepit, Allegri berani mengubah skema permainan dari 4-4-2 ke 3-5-2.

Siapa sangka perjudian tersebut berbuah manis. Juventus terlihat lebih bertaji dengan formasi terbaru ini.

Allegri pun tak menampik, kebangkitan Juventus tak lepas dari skema 3-5-2 yang diterapkannya. Ia punya alasan khusus melakukan perubahan ini.

“Hal yang normal dengan Cuadrado dan Kostic di sayap, kami perlu memaksimalkannya. Terutama karena Empoli bermain sangat ketat dan kami perlu sedikit melebarkan pertahanan mereka," kata Allegri kepada DAZN.

Dengan skema 3-5-2, penyerangan Juventus memang lebih dominan dari sisi lapangan. Filip Kostic dan Juan Cuadrado dipercaya untuk mengemban tanggung jawab tersebut dalam dua laga terakhir.

Meski begitu, bukan berarti Allegri sudah puas dengan permainan Juventus. Ia menilai skema 3-5-2 rancangannya masih memiliki kekurangan.

“Saya pikir kami tidak cukup mengalirkan bola dari sisi kanan di babak pertama. McKennie memiliki mesin yang bagus, tetapi karakteristiknya tidak terlalu banyak dalam menciptakan gerakan," tambahnya.

"Kami tampil lebih baik setelah jeda.”

Juventus Massimiliano Allegri Serie a Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan