Gelandang Persebaya Asal Jepang Bandingkan Karakter Liga Indonesia dengan Eropa

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 20 Agustus 2021
Gelandang Persebaya Asal Jepang Bandingkan Karakter Liga Indonesia dengan Eropa
Taisei Marukawa saat diperkenalkan Persebaya. (Official Persebaya)

BolaSkor.com - Pemain asing anyar Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa, baru pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia. Tetapi dia sudah mengetahui perkembangan tim-tim pesaing Persebaya di Liga 1 2021/2022. Pemain asal Jepang tersebut juga membeberkan perbedaan yang dirasakannya antara Liga Indonesia dan Liga Eropa.

Taisei Marukawa datang ke Indonesia dengan trek rekor apik karena pernah merumput di Eropa. Dia menghabiskan dua tahun terakhir karier sepak bolanya di kompetisi tertinggi Malta. Ia bergabung dengan Senglea Athletic (2019), Valletta (2020), dan setengah musim bersama Noah Jurmala (2021). Taisei total menjalani 34 pertandingan dengan mengemas 5 gol dan 6 assist.

Meski belum menjalani laga resmi Liga 1, Taisei membagikan pandangannya mengenai persaingan di kompetisi yang dijadwalkan bergulir 27 Agustus mendatang. Gelandang 24 tahun itu mengaku sudah mengetahui peta kekuatan klub-klub kasta tertinggi Liga Indonesia tersebut.

Baca Juga:

Persib Bandung Butuh Geoffrey Castillion untuk Daya Gedor

Ancaman Cedera Menerpa Persebaya Jelang Liga 1

"Menurut saya, ada yang sangat tangguh dan (punya) pelari cepat, hingga banyak yang berlari. Saya pikir lebih cepat dari Eropa," terang Taisei Marukawa.

Dia juga menyebutkan perbedaan gaya permainan antara kompetisi Indonesia dengan di Jepang. Pemain kelahiran Hiroshima tersebut menyatakan jika pemain-pemain di Indonesia banyak bergerak sehingga tidak terlihat malas. "Banyak pemain-pemain yang ngeyel dan tidak malas, selalu lari dan lari. Dan saya pikir itu bagus," beber Taisei.

Pemain yang diresmikan Bajol Ijo pada 31 Mei lalu itu mengungkapkan jika dirinya harus bekerja keras di lingkungan baru ini. Apalagi, Taisei mematok target tinggi bersama Persebaya. Menjadi juara.

"Tentu saja kami harus menjadi juara. Saya ingin memenangkan setiap pertandingan. Jadi saya menanamkan mental pemenang pada diri saya sendiri," tegasnya.

"Saya (mencoba) beradaptasi dengan cuaca di sini. Dan, saya membutuhkan lebih banyak kombinasi dengan Bruno (Moreira), Jose Wilkson dan pemain lainnya. Dan kami sempat dihadapkan pada situasi sulit karena tidak tahu kapan liganya dimulai, jadi secara motivasi ini sulit. Tapi, sekarang sudah lebih baik. Karena pada 27 Agustus (kompetisi) akan dimulai," pungkas Taisei Marukawa. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Taisei Marukawa Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan