BolaSkor.com - Ketua Panitia Pelaksana (OC) Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita, memastikan gempa 6,7 skala ritcher tidak menggangu pertandingan perempat final antara Persija Jakarta menghadapi Barito Putera. Ia menegaskan seluruh pemain hingga panitia pelaksana (panpel) lokal dalam keadaan baik-baik saja.

Persija Jakarta akan menghadapi Barito Putera, pada pertandingan delapan besar Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4).

Jelang laga tersebut, Malang diguncang gempa 6,7 skala ritcher. Kencangnya gempa yang berlangsung dua kali selama 20 detik itu membuat seluruh perangkat pertandingan yang bertugas berhamburan.

Anggota panpel lokal maupun tenaga kesehatan terlihat berlarian ke sisi barat parkir Stadion Kanjuruhan. Mereka menunggu selama 1 menit di area terbuka, sebelum kembali menjalankan tugas di pintu utama stadion.

Baca Juga:

Ladeni Persib, Persebaya Kehilangan Dua Pemain Penting

Melaju ke Babak Semifinal, Pelatih PSM Puji Pemainnya

"Kedua tim saat ini sudah ada di stadion, tim dari OC pun sudah cek stadion. Dari situ semua menilai pertandingan bisa tetap dilangsungkan. Insha Allah semua aman, tapi tetap waspada," kata Akhamad Hadian Lukita kepada BolaSkor.com.

"Kalau ada gempa susulan, saya tidak mau berandai-andai. Tetapi panitia sudah siap dengan mitigasi jika memang nanti ada gempa susulan,” tambahnya.

Sementara itu, pihak panpel lokal pertandingan memastikan tidak ada kerusakan yang timbul di Stadion Kanjuruhan Malang. Sebelumnya, sempat ada kekhawatiran adanya kerusakan tertentu pada beberapa fasilitas markas Arema FC itu. Sehingga ditakutkan, persiapan pertandingan babak perempat final Piala Menpora 2021 terganggu.

"Kami bersyukur, tidak ada kerusakan pasca terjadi gempa. Bahwa gempa itu memang terjadi cukup hebat," ujar Ketua Panpel, Abdul Haris kepada media.

Piala Menpora 2021
Nakes dan perangkat pertandingan yang bertugas sempat berhamburan keluar saat gempa terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang. (Istimewa)

Konfirmasi itu disampaikan setelah pihaknya sudah melakukan cek ulang terhadap semua fasilitas stadion. Yang paling dikhawatirkan tentu saja lampu penerangan yang bisa saja terlepas atau keretakan pada lapangan maupun bangunan stadion.

"Sudah kami cek dan secara umum tidak ada masalah. Sehingga, persiapan panpel tidak sampai terganggu dan kembali berjalan normal," ucap Abdul Haris.

"Bisa dipastikan, pertandingan antara Persija melawan Barito berjalan sesuai rencana, tidak ada masalah," imbuh pria yang sehari-hari menjadi Sekretaris Dispora Kabupaten Malang tersebut.

Di sisi lain, Media Officer Persija Jakarta, Yudhis mengatakan seluruh pemain Persija dalam keadaan yang aman. "All safe, alhamdulillah baik-baik aja semua penggawa tim," ujar Yudhis. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)