BolaSkor.com - Sebuah rekor prestisius berhasil dipecahkan Gianluigi Buffon kala membela Juventus pada Derby della Mole kontra Torino, Sabtu (4/7). Kiper berusia 42 tahun itu kini resmi menyandang predikat sebagai pemain yang paling sering tampil sepanjang sejarah Serie A.

Laga kontra Torino merupakan penampilan Buffon yang ke-648 di Serie A. Ia melewati Paolo Maldini yang sebelumnya memegang rekor ini dengan catatan 647 pertandingan.

Juventus tak tinggal diam menyambut momen istimewa salah satu legendanya tersebut. Manajemen klub asal Turin itu menyiapkan jersey khusus dengan tulisan '648UFFON' di bagian lengan kiri yang dipakai semua pemain.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan Liga-liga Eropa: Chelsea Perkasa, Juventus Menangi Derby della Mole

Dua Klub yang Dapat Diperkuat Lionel Messi jika Hengkang dari Barcelona

Rencana Juventus Tukar Aaron Ramsey dengan Tanguy Ndombele Bertepuk Sebelah Tangan

Juventus juga tampil trengginas dalam pertandingan tersebut dengan mencetak empat gol. Sayang Buffon harus kebobolan satu gol lewat penalti Andrea Belotti.

Namun hal itu tak terlalu dianggap penting. Buffon tetap mendapat rasa hormat yang tinggi dari tokoh-tokoh sepak bola Italia termasuk pelatihnya saat ini, Maurizio Sarri.

"Semua orang bisa memberi selamat kepada Buffon atas apa yang dia lakukan selama karirnya, dia legenda. Tidak perlu kata-kata, hanya tepuk tangan, begitulah cara kami menyambutnya di ruang ganti hari ini," kata Sarri dilansir dari Goal International.

Buffon melakoni debutnya di Serie A bersama Parma saat bermain imbang dengan AC Milan pada 19 November 1995. Saat itu ia baru berusia 17 tahun 295 hari.

Semusim berselang, Buffon mampu memenangi persaingan untuk menjadi kiper utama Parma. Ia membela Gialloblu hingga musim 2000-2001 dan mempersembahkan trofi Coppa Italia 1999, Piala UEFA 1999, dan Piala Super Italia 1999.

Pada musim panas 2001, Buffon hengkang ke Juventus dengan biaya transfer 52 juta euro. Nilai tersebut membuatnya dinobatkan sebagai kiper termahal dunia.

Bersama Juventus, Buffon mengalami berbagai momen suka dan duka dalam kariernya. Ia sudah sembilan kali mempersembahkan scudetto dan empat trofi Coppa Italia untuk Bianconeri.

Namun ia belum mampu meraih trofi Liga Champions meski sempat dua kali tampil di partai final. Buffon juga sempat merasakan pahitnya terdegradasi ke Serie B karena kasus Calciopoli pada 2006 silam.

Buffon berpeluang menambah jumlah penampilannya di Serie A karena musim ini masih menyisakan delapan lagi. Ia juga masih akan membela Juventus musim depan usai memperpanjang kontraknya selama satu tahun ke depan.