GM Arema FC Sarankan Regulasi Pemain U-20 Tak Bersifat Wajib

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 21 Juni 2020
GM Arema FC Sarankan Regulasi Pemain U-20 Tak Bersifat Wajib
General Manager Arema FC, Ruddy Widodo. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - General Manager Arema FC, Ruddy Widodo melayangkan saran kepada PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru, dalam merumuskan regulasi khusus bagi pemain U-20 pada lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2020 nanti.

Salah satu petinggi tim Singo Edan berharap regulasi itu tidak lagi bersifat wajib, seperti aturan serupa untuk mendukung program Timnas U-23 di SEA Games 2017.

Waktu itu, seluruh klub liga 1 wajib memiliki minimal 7 pemain U-23. Dari jumlah itu, tiga diantaranya wajib diturunkan dengan waktu minimal 45 menit guna mengasah kematangan mereka di kompetisi.

Baca Juga:

Hanya Atlet Pelatnas, Kemenpora Tak Bisa Fasilitasi Tes PCR untuk Kelanjutan Kompetisi

PSSI Pastikan Liga 1 Lanjut, Pelatih Persebaya Surabaya Tunggu Arahan Manajemen

"Saran saya, keputusan untuk menurunkan pemain ini dikembalikan ke tim pelatih klub masing-masing. Tidak perlu ada kewajiban turun sekian menit," kata Ruddy Widodo.

Menurutnya, opsi itu akan berimbas positif pada motivasi maupun mental bertanding pemain U-20. Bahwa bermainnya mereka di lapangan hijau tidak hanya keharusan klub untuk menggugurkan regulasi saja.

"Saya yakin, jika benar-benar menunjukkan kemampuan terbaik pada sesi latihan, mereka pasti akan mendapatkan kesempatan bermain," ungkap Ruddy.

"Jadi, lebih baik para pemain muda ini merasakan persaingan sejak dari dalam klub. Mereka pasti terpacu (motivasinya)," tambah manajer kelahiran Madiun, Jawa Timur tersebut.

Penerapan regulasi pemain U-20 sejatinya bertujuan positif, untuk mendukung program persiapan tim nasional. Lantaran Indonesia akan menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Arema FC Liga 1 Ruddy widodo
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan