Gustavo Fabian Lopez, Cukup Satu Musim Menjadi Legenda di Arema

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 04 Mei 2020
Gustavo Fabian Lopez, Cukup Satu Musim Menjadi Legenda di Arema
Gustavo Fabian Lopez. (Twitter Arema FC)

BolaSkor.com - Arema Cronus pernah memiliki playmaker berkelas pada diri Gustavo Fabian Lopez. Pemain Argentina yang tak hanya cakap sebagai pengatur serangan, namun juga handal dalam eksekusi peluang gol.

Cukup satu musim saja, Gustavo langsung menjadi playmaker Legendaris bagi tim Singo Edan. Meski meraih sederet gelar juara pada turnamen, sayangnya Gustavo gagal mencapai prestasi bersama Arema di level kompetisi.

Kedatangannya bermula dari kiprah fenomenalnya bersama Persela Lamongan. Gustavo mampu merubah stigma terhadap tim semenjana macam Persela, menjadi tim yang diperhitungkan bagi setiap lawannya.

Dia hadir pertama kalinya saat Persela mempersiapkan tim pada Liga Indonesia musim 2006. Namun, performa terbaiknya tersaji sepanjang periode kedua datang ke Lamongan pada ISL 2011 hingga 2013.

Baca Juga:

Nostalgia - Top Skorer Sepanjang Masa Persebaya, Bukti Sahih Julukan Super Uston

4 Penyerang yang Sulit Dihadapi Otavio Dutra

Pemain yang kini berusia 37 tahun itu meraih juara pada turnamen Piala Gubernur Jatim 2012. Dan uniknya, trofi juara itu menjadi satu-satunya gelarnya bersama Persela, sebelum hengkang ke Arema Cronus, Desember 2013.

"Arema adalah tim besar yang selalu punya target jelas di kompetisi. Tahun ini target juara. Tentu, hal ini membuat saya bangga bisa bergabung di dalamnya," tutur Gustavo Lopez usai merampungkan transfernya ke Arema Cronus, seperti dilansir Goal pada 14 Desember 2013.

Gustavo Lopez. (Twitter Arema FC)

Keputusannya bergabung ke Arema pun tak sia-sia. Gustavo Fabian Lopez langsung menghadirkan trofi di ajang Piala Gubernur Jatim. Kolaborasinya bersama Beto Goncalves dan Cristian Gonzales, membuahkan gelar juara Inter Island Cup 2014, meski Gustavo gagal tampil pada final turnamen yang digelar pada Februari 2015.

Partisipasi Arema di Piala AFC juga menjadi pertimbangan kuat, dibalik keputusan meninggalkan Persela. Lantaran bermain di level internasional, belum pernah dijajalnya selama membela tim yang bermarkas di Stadion Surajaya itu selama 3 musim.

Gustavo Fabian Lopez membawa Arema Cronus sampai di babak 16 besar Piala AFC, setelah finis sebagai runner-up Grup F dengan 10 poin. Arema berada di bawah Hanoi T&T (Vietnam) yang mengoleksi 15 poin, diikuti Selangor FA (Malaysia) dan Maziya SR (Maladewa).

Baca Juga:

5 Pemain Lokal Terbaik PSIS Semarang Sepanjang Sejarah

5 Pemain Lokal Terbaik Persib Sepanjang Sejarah

Sayang, kekalahan 0-2 dari Kitchee SC Hong Kong (14/5), membuat laju Arema Cronus terhenti. Gustavo Fabian Lopez terlibat dalam 7 partai timnya di AFC Cup dan mampu mencetak 3 gol, menyaingi 4 gol milik Cristian Gonzales.

Produktivitasnya tak luntur di level kompetisi, setelah mampu menyumbang 8 gol. Gustavo juga nyaris tak tergantikan di lini tengah Arema, dengan bermain sebanyak 26 dari 27 pertandingan ISL, alias hanya absen 1 kali saja.

Sayangnya, harapan mengangkat trofi kompetisi kembali gagal dicapainya. Gustavo hanya mampu membawa Arema melaju ke babak semifinal, sebelum dikalahkan Persib Bandung yang akhirnya menjadi juara. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Prestasi dan Statistik Gustavo Lopez di Arema

- Juara Piala Gubernur Jatim 2013 (2 caps dan 1 gol)

- Juara Inter Island Cup 2014 (6 caps dan 2 gol)

- Babak 16 Besar AFC Cup (7 caps dan 3 gol)

- Semifinal Kompetisi ISL (26 caps dan 8 gol)

Gustavo lopez Arema Arema FC Liga indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan