Nostalgia - Top Skorer Sepanjang Masa Persebaya, Bukti Sahih Julukan Super Uston

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 30 April 2020
Nostalgia - Top Skorer Sepanjang Masa Persebaya, Bukti Sahih Julukan Super Uston
Uston Nawati sebagai pelatih. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Uston Nawawi merupakan sosok yang tidak asing di blantika sepak bola Indonesia. Apalagi bagi Bonek, suporter Persebaya Surabaya. Pria dengan tinggi 170 cm itu pernah membela Bajul Ijo pada periode 1995-2003, dan 2004-2008.

Pria asli Wilayut, Sukodono, Sidoarjo itu mengawali kariernya dengan memperkuat Persebaya Junior di turnamen Liga Remaja secara berurutan pada tahun 1992 hingga 1995.

Uston muda berkesempatan digembleng di Italia selama setahun oleh beberapa pelatih-pelatih kenamaan lewat program PSSI Baretti. Mulai dari Tord Grip, Sven Goran Eriksson dan Danurwindo. Bakatnya juga tercium oleh (alm) Rusdy Bahalwan yang tak ragu mempromosikannya ke level senior Persebaya.

Debut Uston Nawawi bersama Persebaya terjadi pada tanggal 17 November 1996 di laga perdana Liga Kansas 1996/97 saat melawat ke Bekasi melawan tuan rumah Persijatim Jakarta Timur. Tapi, pemain berjulukan “Super Uston” ini baru mencetak gol perdana setelah tujuh bulan berkostum hijau-hijau. Saat itu Persebaya menang tujuh gol tanpa balas melawan Persikab Kabupaten Bandung, 18 Juni 1997. Tak tanggung-tanggung, Uston mencetak hat-trick.

Baca Juga:

Nostalgia - Drama 10 Gol Kontra Martapura Mewarnai Langkah PSIS Semarang Promosi

11 Pemain Terbaik Versi Rezaldi Hehanussa, Didominasi Pemain Barcelona

Kelebihan dari pria kelahiran 6 September 1977 ini adalah kemampuanya mencetak gol dari tendangan bebas, tendangan penalti dan beberapa skema penyerangan open play. Uston Nawawi tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Persebaya sepanjang masa. Dari penelusuran sejarah, ia telah mencetak 63 gol selama 165 kali penampilannya bersama tim Bajul Ijo.

Sementara saat menjadi andalan Timnas Indonesia, pria yang menghabiskan masa kanak-kanaknya di Lapangan Klagen, Sukodono, Sidoarjo ini mengemas 48 kali bermain dengan capaian 14 gol. Catatan tersebut menunjukkan pencapaian yang istimewa baginya yang selama menjadi pemain beroperasi di lini tengah ini.

Uston Nawawi mendampingi Aji Santoso sebagai asisten pelatih Persebaya. (BolaSkor.com/Kurniawan)

Banyak prestasi yang diukir oleh Uston bersama Persebaya. Diantaranya turut membawa Green Force menjuarai Liga Kansas musim 1996-1997, menjadi kampiun Liga Bank Mandiri X 2004 dan membawa Persebaya promosi ke kompetisi Divisi Utama 2007 setelah menjadi juara Divisi Satu 2006.

Uston Nawawi juga sempat pindah ke PSPS Pekanbaru menjelang Liga Bank Mandiri IX Tahun 2002. Ia juga pernah membela Persisam Putra Samarinda, Persidafon Dafonsoro, Deltras Sidoarjo, dan Gresik United. Selepas gantung sepatu, ia berganti peran di pinggir lapangan sebagai pelatih di klub Liga 2, PSIR Rembang sejak 2016-2018. Namun, dia memutuskan untuk mundur lantaran merasa gagal membawa performa apik.

Baca Juga:

Nostalgia - Kemenangan Arema atas Pelita Jaya Tercoreng Gol Kontroversial

5 Pemain Lokal Terbaik Persib Sepanjang Sejarah

Uston Nawawi kemudian mengemban jabatan pelatih kepala Persebaya U-19 yang ditinggal oleh Bejo Sugiantoro. Kala itu, Bejo telah bergabung bersama tim senior menjadi asisten pelatih. Tetapi laju Persebaya U-19 dalam kompetisi Elite Pro Academy (EPA) hanya sampai delapan besar.

Sebagai mantan pemain yang mengantarkan Persebaya juara Liga Indonesia, Uston berusaha menanamkan nilai-nilai positif ke pasukannya. Satu di antaranya adalah menjadikan prestasi sebagai target, bukan materi.

Ia pun berhasil memberi gelar juara tim Bajul Ijo Muda pada kompetisi EPA Liga 1 U-20 2019. Kini, pria berusia 41 tahun itu menjadi salah satu staf pelatih Persebaya yang dipimpin oleh Aji Santoso. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Uston nawawi Persebaya surabaya Nostalgia Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan