BolaSkor.com - Inggris akan menghadapi ujian berat di babak 16 besar Piala Eropa 2020. The Three Lions akan melawan Jerman pada laga yang akan digelar di Stadion Wembley, Selasa (29/6) malam WIB.

Melawan Jerman bukanlah hal yang asing bagi Inggris. Namun karena itulah laga ini disebut sebagai ujian berat. Duel nanti adalah kali kedelapan Inggris melawan Jerman di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa), terbanyak dibandingkan negara lain.

Namun, tiap kali Inggris bertemu Jerman, mereka selalu menelan pil pahit. Terakhir kali Inggris bisa mengalahkan Jerman di fase gugur dalam sebuah turnamen terjadi pada partai final Piala Dunia 1966. Kemenangan itu juga menjadi sukes terakhir Inggris di ajang antarnegara.

Baca Juga:

16 Besar Piala Eropa 2020: Inggris Jumpa Jerman, Portugal Lawan Peringkat Satu Dunia

5 Fakta Menarik dari Laga Terakhir Grup F Piala Eropa 2020

Sederet Statistik Menarik dari Keseruan Laga Terakhir Grup F Piala Eropa 2020

Yang menjadi pertanyaan, apakah pelatih timnas Inggris Gareth Southgate akan melakukan perombakan timnya. Hal ini mengingat performa Inggris sepanjang Piala Eropa 2020, tidak bisa dibilang menyakinkan.

Southgate sejak awal telah menunjukkan bahwa dia tidak takut mengubah formasi pemain. Dan, seperti dilansir Mirror, Souhtgate kemungkinan bakal mempertimbangkan untuk melakukan perubahan saat menghadapi Jerman.

Pada Piala Eropa 2020, Inggris kesulitan mencetak gol. Mereka hanya mampu mencetak dua gol dalam tiga pertandingan di fase grup. Sang mesin gol, Harry Kane, belum mencetak gol.

"Ada banyak pemain yang kurang tajam dan kurang bugar dalam pertandingan dan saya tidak yakin ada jalan keluarnya," kata Southgate.

"Kami harus menemukan cara berbeda untuk menang. Ini aneh karena tentu saja kami memiliki begitu banyak pemain menyerang yang bagus."


Bola Mati

Perubahan yang akan dilakukan Southgate kelihatannya terkait dengan menciptakan peluang mencetak gol lewat eksekusi bola mati. Southgate menegaskan, tendangan bebas dan tendangan sudut yang mereka lakukan belum cukup mampu menciptakan peluang.

"Ini (situasi bola mati) cukup langka bagi kami. Kami telah melewatkan empat atau lima pertandingan tanpa gol set piece dan itu adalah area yang bisa kami tingkatkan," ujar Southgate.

Karena itulah, ada kemungkinan Jack Grealish akan dimainkan starter melawan Jerman. Southgate akan mengandalkan kepiawaian pemain Aston Villa dalam menciptakan peluang lewat bola mati.

Selain Grealish, Phil Foden yang tidak dimainkan melawan Republik Ceko juga spesiaslis bola mati. Kieran Trippier juga bisa dipanggil kembali karena Inggris kemungkinan masih tidak diperkuat spesialis sepak pojok Mason Mount yang masih harus menjalani isolasi bersama Ben Chilwell sampai Senin depan.

Pada Piala Dunia 2018, Inggris mencetak sembilan dari 12 gol dari bola mati.