BolaSkor.com - Kapten RANS Cilegon FC, Hamka Hamzah, berencana mengakhiri karier profesionalnya pada tahun ini. Di pengujung karier profesionalnya itu, Hamka sukses membawa RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1 musim depan.

Hamka mengatakan keputusannya untuk pensiun tidak terlepas dari kondisi cederanya. Ia mengaku mengalami masalah di lutut.

"80 persen saya selesai. Ada juga dokter Sapto berbicara, saya tidak bisa bermain. Lutut saya ACL-nya robek lagi. Masa saya harus operasi kelima kali," kata Hamka Hamzah.

Baca Juga:

Raffi Ahmad Menangis Usai Rans Cilegon Promosi ke Liga 1 Musim Depan

Masa Depan Timnas Indonesia Dinilai Cerah, Shin Tae-yong Juga Ungkap Sisi Unik Pemainnya

Meski nanti sudah gantung sepatu, Hamka berencana bakal tetap menggeluti dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya. Saat ini Hamka berstatus sebagai manajer-player di RANS Cilegon FC.

"Ke depannya saya tetap di dunia sepak bola. Entah jadi apa, yang penting saya bisa menyalurkan bakat saya ke adik-adik saya," ujar pemain yang identik dengan nomor punggung 23 tersebut.

Sejak memulai karier profesional pada 2001, Hamka Hamzah sudah bermain untuk 12 klub berbeda, mulai dari PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Persisam Samarinda. Lalu Hamka juga pernah memperkuat Mitra Kukar, Selangor FA II, Arema FC, Sriwijaya FC, Persita Tangerang, dan RANS Cilegon FC.

Sementara di Timnas Indonesia, berdasarkan data dari Transfermarkt, Hamka mencatatkan 31 penampilan bersama tim Merah-Putih di berbagai ajang, seperti Pra Piala Dunia 2006 dan Piala AFF 2010. Di Piala AFF 2010, Hamka membawa Skuat Garuda ke partai final namun di partai puncak tersebut kalah oleh Malaysia.