Harapan Pelatih Persib di Kongres PSSI, Liga 1 Harus Ada Degradasi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 26 Mei 2021
Harapan Pelatih Persib di Kongres PSSI, Liga 1 Harus Ada Degradasi
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Media Persib)

BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menaruh harapan besar di Kongres Tahunan PSSI yang rencananya akan digelar di Jakarta, 29 Mei mendatang. Satu di antaranya bisa menjadikan sepak bola Indonesia kembali hidup

Pasalnya, dikatakan Robert, kompetisi di Indonesia sudah lama terhenti sejak 2020 lalu. Imbasnya, Liga 1 2020 hanya berjalan tiga pertandingan akibat pandemi COVID-19.

"Kami punya kesempatan untuk menstimulasi Liga lagi, kami punya kesempatan untuk membuat penonton menyaksikan pertandingan sepak bola yang sebenarnya lagi meski semua itu cuma bisa dilakukan dari jauh dan kami harus menerimanya. Sponsor juga bisa mendapat perhatian dari media lagi," ujar Robert Rene Alberts.

Karena ini, pelatih asal Belanda ini menilai Kongres tahunan PSSI nanti akan menjadi kesempatan untuk memulai lagi kompetisi. Tentunya dengan cara yang tepat, seperti menerapkan sistem degradasi.

Baca Juga:

Pelatih Persib Respons Kabar Positif soal Izin Liga 1 2021

Tidak Ada Pencoretan Pemain Lokal dan Asing di Persib

"Persipura sudah menyatakan dengan jelas untuk menolak rencana tidak adanya degradasi, dan saya harap di kongres nanti berjalan adil. Tidak ada pengambilan keputusan di balik layar karena dipengaruhi beberapa pihak," tegasnya.

Robert menilai sepak bola di Indonesia seperti piramida dengan menerapkan sistem di setiap divisinya. Baik dari Liga 1, Liga 2 hingga Liga 3.

"Tentu semua harus punya perasaan saya bisa turun kasta atau perasaan bisa naik, itu ada standarnya dan itu diatur dalam peraturan FIFA," ujarnya.

"Saya harap semua harus bisa melihat dari sudut pandang profesional bukan hanya dari pengaruh sudut pandang kepentingan beberapa orang, kami harus memikirkan profesionalisme sepak bola Indonesia dan harus melihat masa depan yang cerah," tuturnya.

Eks pelatih Arema FC dan PSM Makassar ini berharap tidak ada perubahan aturan. Apalagi dilakukan sesaat sebelum kompetisi dimulai.

"Saya melihat sering terjadi perubahan regulasi di setiap musimnya. Saya harap kongres ini bisa menjadi inspirasi bagi sepak bola Indonesia demi masa depan yang cerah. Dan juga termasuk format Liga yang akan diterapkan," katanya.

"Bisa dilihat prosedur kesehatan dan keselamatan berjalan dengan baik, dan melihat itu saya rasa format home and away adalah format yang terbaik dan menginspirasi seluruh industri olahraga sepak bola dan menghidupkan banyak uang, sehingga kehidupan orang-orang yang hidup dari sepak bola juga bisa bangkit lagi. Jadi mari kembalikan sepak bola Indonesia ke bentuk yang terbaik," harap Robert. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Robert Rene Alberts Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.134

Bagikan