Hasil dan Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang Kalahkan Spanyol, Jerman Tersingkir Lagi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 02 Desember 2022
Hasil dan Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang Kalahkan Spanyol, Jerman Tersingkir Lagi
Selebrasi para pemain Jepang setelah berbalik unggul 2-1 atas Spanyol. (FIFA)

BolaSkor.com - Timnas Jepang kembali membuat kejutan di Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Spanyol pada laga pamungkas Grup E, Jumat (2/12) dinihari WIB. Di pertandingan lainnya, Jerman menang atas Kosta Rika.

Laga Jepang kontra Spanyol di Khalifa International Stadium, Qatar, berlangsung seru sejak awal. Spanyol berhasil memimpin pada menit ke-11 lewat tandukan Alvaro Morata memanfaatkan umpan Cesar Azpilicueta. Keunggulan Spanyol ini bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, membuat perubahan dengan menarik keluar Takefusa Kubo dan Yuto Nagatomo untuk digantikan oleh Ritsu Doan dan Kaoru Mitoma. Pergantian ini sangat tepat.

Tiga menit babak kedua berjalan, Jepang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Ritsu Doan. Ia mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan yang dilepaskan oleh Junya Ito.

Jepang seperti mendapatkan angin segar. Tim dengan julukan Samurai Biru tersebut berhasil membalikkan keadaan menjadi 1-2 berkat gol Ao Tanaka yang meneruskan umpan Kaoru Mitoma.

Gol ini sempat jadi perdebatan karena sebelum Kaoru Mitoma melepaskan umpan, bola terlihat sudah keluar lapangan permainan. Namun, setelah dicek melalui VAR, wasit Victor Gomes dari Afrika Selatan tetap mengesahkan gol tersebut.

Skor 2-1 untuk Jepang bertahan sampai laga usai sekaligus memastikan wakil dari Asia ini menjadi Juara Grup E dengan mengoleksi 6 poin. Jepang mengungguli Spanyol di posisi kedua dengan 4 poin.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Akhir Grup F Piala Dunia 2022: Belgia Pulang, Maroko dan Kroasia ke 16 Besar

Bintang Laga Kroasia Vs Belgia: Josko Gvardiol, Pahlawan Super Bertopeng

Sementara itu, di Al Bayt Stadium, Kosta Rika nyaris membuat kejutan. Sempat unggul 2-1 dari Jerman, tapi Los Ticos pada akhirnya harus mengakui keunggulan lawannya itu dengan skor akhir 2-4.

Jerman memulai pertandingan dengan baik. Pada menit ke-10, Serge Gnabry membuka keunggulan bagi Der Panzer.

Namun, Kosta Rika sempat membuat kejutan setelah berbalik unggul berkat gol Yeltsin Tejeda dan gol bunuh diri Manuel Neuer pada menit 58 dan 70.

Sayangnya keunggulan itu gagal dipertahankan oleh Kosta Rika. Jerman membuat skor menjadi 2-2 melalui Kai Havertz pada menit 73.

Havertz mencatatkan brace alias gol keduanya pada menit 85. Niklas Fullkrug kemudian menggenapi kemenangan Jerman menjadi 2-4, satu menit sebelum waktu normal berakhir.

Meski menang, Jerman gagal melaju ke babak 16 besar karena kalah selisih gol dari Spanyol. Bagi Jerman, ini merupakan kegagalan beruntun mereka lolos dari fase grup di dua edisi terakhir Piala Dunia.

Di babak 16 besar, Jepang dipastikan bertemu dengan runner-up Grup F, Kroasia. Sedangkan Spanyol berhadapan dengan Maroko yang di luar dugaan memenangi persaingan dengan Kroasia dan Belgia.

Berikut klasemen akhir Grup E:

Timnas Jepang Timnas Spanyol Timnas Jerman Timnas Kosta Rika Piala Dunia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.307

Bagikan