Hasil Liga Europa: AS Roma Tantang Sevilla di Final

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 19 Mei 2023
Hasil Liga Europa: AS Roma Tantang Sevilla di Final
Sevilla 2-1 Juventus (Twitter)

BolaSkor.com - Rampung sudah semifinal Liga Europa 2022-2023 pada Jumat (19/05) dini hari WIB. Dua pertandingan yang telah berlangsung adalah Bayer Leverkusen melawan AS Roma dan Sevilla kontra Juventus.

Diawali dari laga antara Sevilla melawan Juventus di Ramon Sanchez Pizjuan. Agregat gol kedua tim sama kuat 1-1 dari leg pertama dan membuat jalannya pertandingan di leg dua kian memanas, apalagi sebelumnya Sevilla menghancurkan Manchester United di tempat yang sama pada perempat final.

Akan tapi Juventus bukan Man United. Pertahanan tim asal Italia itu solid dan tidak mudah ditembus pemain Sevilla, apalagi kiper mereka Wojciech Szczesny juga tampil bagus. Gol baru tercipta di babak kedua.

Pemain pengganti Juventus, Dusan Vlahovic, membawa tim unggul di menit 65 dari serangan balik. Vlahovic mendribel bola, sempat mengenai pemain Sevilla namun bola kembali kepadanya dan striker timnas Serbia menyelesaikannya dengan baik.

Baca juga:

Erling Haaland Ukir Rekor Berusia 92 Tahun, Winston Churchill Bahkan Belum Jadi PM Ingggris

Jawaban Guardiola Ketika Ditanya Pilih Messi atau Haaland

Hasil Pertandingan: Manchester City Kembali ke Puncak, Inter Milan Pesta Gol

Sevilla tidak menyerah dan mereka menyamakan kedudukan di menit 71. Pemain pengganti, Suso, menendang bola di antara para pemain Juventus dengan kaki kirinya ke arah kanan gawang yang tidak bisa ditepis Szczesny.

Laga berlanjut ke babak tambahan setelah kedudukan sama kuat 1-1 (agregat gol 2-2). Pada babak tambahan itu pemain pengganti Sevilla kembali berperan penting dan kali ini dari Erik Lamela usai menanduk bola umpan silang rekan setimnya.

Selebrasi gol Erik Lamela

Skor menjadi 2-1 dan Juventus tak bisa lagi mencetak gol. Jelang laga berakhir Sevilla bermain dengan 10 pemain pasca Marcos Acuna menerima kartu kuning kedua di menit 115. Skor 2-1 bertahan hingga laga bubar dan Sevilla ke final dengan agregat gol 3-2 atas Juventus.

Sevilla kembali menunjukkan status mereka sebagai raja Liga Europa degan rekor memenanginya enam kali. Di final, Sevilla akan melawan AS Roma dengan pelatih sarat pengalaman dan tahu cara memenangi trofi, Jose Mourinho.

Il Giallorossi ke final dengan agregat gol 1-0 atas Bayer Leverkusen dari kemenangan di leg pertama. Pada leg dua di BayArena, Leverkusen dibuat frustrasi oleh Roma yang bermain parkir bus atau merapatkan barisan pertahanan.

Leverkusen 0-0 Roma

Laga pun berakhir dengan skor kacamata (tanpa gol) dengan statistik 72 persen penguasaan bola Leverkusen, 23 tendangan (6 tepat sasaran), sementara Roma dari 28 persen penguasaan bola hanya punya satu percobaan tendangan - tipikal tim arahan Mourinho.

Alhasil, pelatih asal Portugal itu mencapai final keenam di turnamen antarklub Eropa mulai dari Liga Champions, Liga Europa, bahkan UEFA Conference League di mana Roma juara musim lalu. Mourinho memenangi seluruh final tersebut.

Final Liga Europa akan dimainkan di Puskas Arena, Budapest, pada Kamis 1 Juni 2023 pukul 02.00 dini hari WIB antara Sevilla melawan AS Roma.

Liga Europa Roma AS Roma Sevilla Juventus Mourinho Jose Mourinho
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.210

Bagikan