BolaSkor.com - Leg dua perempat final Liga Europa 2018-19 telah rampung Jumat (19/4) dini hari WIB. Empat tim yang lolos ke semifinal adalah: Chelsea, Arsenal, Eintracht Frankfurt, dan Valencia. Dua klub pertama berasal dari Inggris.

Kelolosan Arsenal dan Chelsea itu mempertegas potensi kejayaan klub-klub Inggris musim ini di Eropa. Pasalnya di Liga Champions, Liverpool dan Tottenham Hotspur juga menjadi dua perwakilan Negeri Ratu Elizabeth di fase empat besar.

Arsenal sukses menyingkirkan satu-satunya perwakilan Italia di Eropa, Napoli, dengan agregat gol total 3-0. Menang 2-0 di leg pertama, The Gunners meraih kemenangan dengan skor 1-0 kala memainkan leg dua di San Paolo.

The Gunners menjadi tim kedua musim ini yang keluar dari San Paolo dengan kemenangan setelah Juventus. Gol tunggal di leg kedua itu dicetak Alexandre Lacazette di menit 36 dari tendangan bebas. Napoli terlalu banyak membuang peluang di laga tersebut.

Baca Juga:

Hasil Leg Satu Perempat Final Liga Europa: Duo London Berjaya, Joao Felix Torehkan Hat-trick

Unai Emery Targetkan Menangi Liga Europa Bersama Arsenal

Tendangan bebas Alexandre Lacazette

Napoli asuhan Carlo Ancelotti punya 20 percobaan tendangan dan hanya dua yang tepat sasaran - dapat digagalkan oleh Petr Cech. Buruknya penyelesaian akhir para pemain Napoli menghukum mereka melalui kegagalan tersebut.

Arsenal sudah dinanti mantan klub yang pernah dilatih Unai Emery pada medio 2008-2012, Valencia. Los Che menyingkirkan Villarreal dengan total agregat gol 5-1.

Menang 3-1 di leg satu, Valencia tidak menemui kesulitan mengamankan kemenangan 2-0 di leg dua yang berlangsung di Estadio Mestalla. Dua gol tim asuhan Marcelino Garcia Toral dicetak oleh Toni Lato (13') dan Daniel Parejo (54').

Valencia bermain dewasa mengamankan keunggulan dan agregat gol, meski dipaksa bertahan dengan penguasaan bola 39 berbanding 61 persen Villarreal. The Yellow Submarine telah melancarkan 20 percobaan tendangan dan tidak ada satu pun yang mengoyak jala gawang Valencia.

Sementara itu, fans Chelsea di Stamford Bridge dibuat jantungan oleh tim kesayangan mereka yang menang 4-3 atas tamunya dari Republik Ceska, Slavia Praha. The Blues sudah unggul 4-1 di babak pertama via dua gol Pedro, gol bunuh diri Simon Deli, dan Olivier Giroud, yang diperkecil gol Tomas Soucek.

Olivier Giroud

Tapi di babak kedua, Chelsea, seolah menganggap enteng Slavia dan menurunkan kewaspadaan mereka, hingga Petr Sevcik mencetak dua gol pada menit 51 dan 54. Beruntung, Chelsea mencetak gol tandang dari kemenangan 1-0 di leg pertama di Stadion Sinobo.

Alhasil, skenario yang tidak diinginkan Chelsea urung terjadi di Stamford Bridge. Chelsea menang agregat gol 5-3 atas Slavia Praha dan akan menantang tim asal Jerman, Eintracht Frankfurt di semifinal.

Frankfurt arahan Adi Hutter sukses mematikan wonderkid Benfica, Joao Felix, yang menorehkan hat-trick gol di leg satu (Benfica menang 4-2) dan meraih kemenangan 2-0 di leg dua yang berlangsung di Stadion am Bornheimer Hang.

Selebrasi pemain-pemain Eintracht Frankfurt

Dua gol Frankfurt dicetak oleh Filip Kostic (36') dan Sebastian Rode (67'). Meski sama-sama memiliki agregat gol 4-4, Frankfurt tepat melaju ke semifinal karena unggul agresivitas gol tandang.

Leg satu dan dua semifinal Liga Europa 2018-19 akan berlangsung di awal Mei 2019. Arsenal akan terlebih dahulu menjamu Valencia di leg pertama, sementara Chelsea akan menyambangi markas Eintracht.