Hasil Rapat Anggota Tahunan NOC Indonesia 2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 08 Maret 2022
Hasil Rapat Anggota Tahunan NOC Indonesia 2022
Rapat Anggota Tahunan NOC Indonesia 2022. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

BolaSkor.com - Rapat Anggota Tahunan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) tahun 2022 telah selesai digelar. Agenda ini menghasilkan sejumlah keputusan.

NOC menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Hotel JHL Solitaire, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (8/3). Para perwakilan dari pengurus 65 cabang olahraga (cabor) berpartisipasi baik secara langsung maupun virtual.

Rapat ini berlangsung lancar tanpa hambatan. Salah satu keputusan penting yang dibuat adalah merencanakan perubahan AD/ART NOC demi menyesuaikan diri dengan Undang-undang keolahragaan yang baru disahkan.

Baca Juga:

Pemerintah Janjikan Tandingan GBK di Ibu Kota Baru

Kepala Bappenas: Olahraga Indonesia Masih Jauh dari Industri

Indonesia Bawa Misi Solidaritas di SEA Games 2021

Dari rapat ini disepakati pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) perubahan AD/ART NOC yang beranggotakan lima orang. Mereka terdiri dari dua orang perwalkilan NOC, dua perwakilan Federasi Olahraga Nasional terpilih (Porlasi dan PBSI), serta satu orang tenaga ahli yang ditunjuk NOC.

“Kami mendapat banyak masukan dari para anggota tentang tata kelola olahraga, sehingga ke depan kita bisa terus memaksimalkan pembinaan prestasi yang lebih baik," kata Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

"Kami juga menyadari perlu adanya koordinasi antara Kemenko PMK, Kementerian Pariwisata, Kemenpora, Kementerian Pendidikan, dan lembaga terkait karena tantangan ke depan bukan lagi mendapatkan atlet by accident, tapi mencetak atlet by design."

Seluruh hasil rapat ini telah disampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Beliau menyambut baik keputusan tersebut.

"Saya mengapresiasi keputusan penyesuaian AD/ART karena kita sudah mempunyai dasar hukum yang baru, yaitu Undang-Undang Keolahragaan. Semua harus bisa menyesuaikan dengan aturan yang baru, jadi saya memuji langkah NOC yang dengan cepat mengantisipasi hal ini," kata Zainudin Amali.

“Ke depan kita harus menyatukan gerak langkah karena Undang-Undang Keolahragaan adalah roh dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)."

Dalam kesempatan yang sama, NOC juga menegaskan komitmennya melanjutkan komunikasi dan diplomasi internasional agar nama Indonesia semakin dikenal di dunia olahraga internasional. Sejauh ini, sudah ada kerja sama dengan enam federasi internasional.

Terakhir, Rapat Anggota Komite Olimpiade Indonesia juga menerima dan menyetujui laporan kerja dan laporan keuangan tahun 2021.

NOC Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan