Imbas Tragedi Kanjuruhan, PSSI Usul 1 Oktober Jadi Hari Libur Sepak Bola Nasional

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 15 Januari 2023
Imbas Tragedi Kanjuruhan, PSSI Usul 1 Oktober Jadi Hari Libur Sepak Bola Nasional
Menpora Zainudin Amali membuka Kongres Biasa PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (15/1). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PSSI mengusulkan setiap tanggal 1 Oktober seluruh kegiatan sepak bola nasional diliburkan. Usulan ini disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada peserta Kongres Biasa PSSI 2023.

Seperti diketahui, pada 1 Oktober 2022 terjadi peristiwa memilukan di sepak bola nasional. Sebanyak 135 jiwa melayang karena jadi korban tindakan represif aparat keamanan yang mengamankan pertandingan Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Sebagai respons dan keseriusan kami dalam menyikapi Tragedi Kanjuruhan, kami dari PSSI ingin berikan usulan. Usulan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 oktober merupakan hari libur bagi semua kegiatan sepak bola Indonesia. Baik itu turnamen atau kompetisi," kata Iriawan.

"Setuju," jawab peserta kongres.

Iriawan mengatakan 135 korban Tragedi Kanjuruhan merupakan pahlawan sepak bola. Dia menilai pentingnya kehadiran penonton atau suporter di setiap pertandingan sepak bola.

Baca Juga:

Menpora Zainudin Amali Apresiasi Mochamad Iriawan yang Mampu Mengatasi Kesulitan PSSI

Erick Thohir Terpanggil Benahi Sepak Bola Indonesia, Sebut Butuh Nyali Pimpin PSSI

"Usulan ini merupakan cara kita mengenang korban [Tragedi] Kanjuruhan. Mereka semua pahlawan. Tanpa hadirnya penonton, sepak bola itu seperti sayur tanpa garam."

"Dukungan penonton adalah hal luar biasa. Kita lihat saat COVID-19 tidak ada penonton, atmosfernya berbeda. Tapi Alhamdulillah kompetisi sekarang kita lihat kembali penonton di lapangan," ujar Iriawan.

Adapun dalam Kongres Biasa PSSI 2023 ini akan dibahas sejumlah hal penting. Mulai dari laporan kegiatan tahun 2022, laporan keuangan PSSI tahun 2022, laporan hasil audit keuangan PSSI tahun 2021, rekomendasi program PSSI tahun 2023, penetapan operator liga sebagai badan usaha mandiri, penerimaan pemberhentian serta perubahan nama domisili anggota PSSI dan pengesahan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

KP dan KBP ini dibentuk untuk melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang akan berlangsung 16 Februari 2023. Dalam KLB tersebut akan dipilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan jajaran anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Pssi Mochamad Iriawan Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.364

Bagikan