BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah menetapkan GBK Arena sebagai kantor Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee (INAFOC). Kepastian ini dikatakan Amali pada saat kunjungan ke GBK Arena, Jumat (10/7).

Pada kunjungannya tersebut, Zainudin Amali ditemani oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto, dan Direktur Utama PPKGBK, Winarto.

Zainudin Amali memberikan alasan mengapa memilih GBK Arena sebagai Sekretariat INAFOC. Salah satu alasan utama ialah gedung berlantai lima ini pernah digunakan sebagai tempat Sekretariat Asian Para Games 2018, dan memenuhi syarat.

Baca Juga:

Ketum PSSI Targetkan Timnas Indonesia U-19 Sampai Babak 16 Besar Piala Dunia U-20

Pembentukan Struktur Kepengurusan INAFOC Tunggu Keppres Jokowi

"Kami lihat gedung ini karena pernah digunakan Asian Para Games 2018. Jadi menurut kami ini tepat tempatnya. Ada pilihan lain yang ditawarkan Pak Winarto, tetap setelah kami lihat, langsung memilih ini," kata Amali kepada wartawan, Jumat (10/7).

"Semua aktivitas kepanitiaan akan terpusat di sini. Dari berbagai unsur, dari Kemenpora, PSSI, dari kementerian lembaga lainnya, dan berbagai pihak yang masuk di dalam kepanitiaan. Selain itu tidak terlalu jauh dan dari mana saja bisa diakses. Dan tempatnya masih relatif baru," tambahnya.

Politikus Partai Golkar menjelaskan INAFOC akan berkantor di GBK Arena setelah FIFA memberikan struktur kepanitaan organisasi INAFOC.

"Setelah FIFA memberikan struktur kepanitiaan organisasinya kemudian kami isi, setelah kami akan berkantor di sini. Jadi per kapan belum bisa dipastikan karena PSSI berkomunikasi terus dengan FIFA, secepatnya kita akan tentukan seperti apa struktur kepanitiaannya," tambahnya.

Piala Dunia U-20 2021
Kunjungan Menpora dan Waketum PSSI ke GBK Arena. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Sementara itu, Direktur Utama PPKGBK, Winarto sangat senang dengan terpilihnya GBK Arena sabagai kantor INAFOC. Menurutnya ini sesuatu yang luar biasa. Ia pun berharap lewat Piala Dunia U-20 ini muncul prestasi yang luar biasa bagi Indonesia.

"Di depan mata kita sebentar lagi akan ada event internasional yang tingkat dunia. Sebagaimana tempat ini kita renovasi untuk Asian Games 2018, kali ini eventnya tidak hanya tingkat Asia, tetapi tingkat dunia, ini sesuatu yang luar biasa, prestasi dari rekan-rekan di Kemenpora dan khususnya di PSSI," ujar Winarto.

"PPK GBK ini sebagai venue management tentu dengan semangat menyambut event. Lapangan-lapangan sudah kita siapkan, kami juga sudah tanda tangan kesanggupan itu sejak Juni 2019 dan terus kita pantau, sebentar lagi juga akan ada perubahan-perubahan minor di beberapa venue kita, termasuk lapangan bola."

"Tidak hanya di stadion utama, tetapi juga di Stadion Madya itu bisa digunakan. Nanti tinggal silakan pilih mau pakai yang mana," pungkasnya.