Informasi dan Waktu Pengundian Grup Liga Champions 2021-2022

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 25 Agustus 2021
Informasi dan Waktu Pengundian Grup Liga Champions 2021-2022
Trofi Liga Champions (Twitter)

BolaSkor.com - Waktu pengundian fase grup Liga Champions 2021-2022 sudah di depan mata. UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa akan mengundinya di Istanbul, Turki, pada Kamis (26/08) pukul 23.00 WIB.

32 klub akan diundi ke dalam empat pot dan dibagi ke fase grup. Sampai saat ini sudah ada 29 tim yang dipastikan lolos ke fase grup dengan adanya Spanyol sebagai pengirim wakil terbanyak (lima tim).

Keberhasilan Villarreal memenangi Liga Europa musim lalu memastikan mereka dapat satu slot di fase grup Liga Champions, sementara empat tim lainnya adalah Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Baca Juga:

Messi Tak Sepakat PSG Jadi Favorit Juara Liga Champions

Final Liga Champions 2023 di Istanbul, Munchen Digeser

Liga Champions Jadi Alasan Cristiano Ronaldo Bertahan di Juventus

Lalu dari Inggris perwakilannya adalah Liverpool, Chelsea, Manchester United, dan juara bertahan Premier League, Manchester City. Sementara Jerman mengirim Wolfsburg, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan juara Bundesliga, Bayern Munchen.

Terakhir dari Serie A, Italia, perwakilannya adalah Atalanta, AC Milan, Juventus, dan juara Serie A Inter Milan. Lima tim lainnya terbagi di liga Eropa lainnya seperti PSG (Paris Saint-Germain), Porto, Ajax Amsterdam, dan Besiktas.

Menjelang undian grup Liga Champions 2021/22 yang akan dihelat di Istanbul, Turki, BolaSkor.com telah menyediakan sejumlah informasi yang perlu diketahui.

Tamu Spesial

John Terry, Michael Essien, dan Branislav Ivanovic

Chelsea merupakan juara bertahan Liga Champions dan juga Piala Super Eropa. Dua mantan pemain The Blues, Branislav Ivanovic dan Michael Essien akan hadir sebagai tamu spesial. Keduanya juga akan membantu pengundian Liga Champions.

Essien pernah membela Chelsea pada 2005-2014 dengan raihan satu Liga Champions, empat Piala FA, dan dua Premier League. Posisi eks Persib Bandung itu gelandang tengah. Sementara Ivanovic memperkuat Chelsea medio 2008-2017 dengan posisi bek.

Tata Cara Pengundian

Tim-tim akan dibagi menjadi empat pot. Pot 1 akan berisikan para juara bertahan, juara Liga Europa, juara bertahan, serta juara liga dari enam negara dengan peringkat liga tertinggi di UEFA. Pot 2 hingga 4 akan ditentukan oleh peringkat koefisien klub.

Tidak akan ada tim dari satu negara yang akan bertemu pada fase grup dan regulasi lainnya akan diberitahukan sebelum pengundian.

Tim-tim yang Berpatisipasi

29 sudah otomatis lolos ke fase grup dan sisa tiga tim lagi merebutkan tempat mereka via jalur play-off. Mereka yang telah lolos dan berpatisipasi adalah:

Spanyol: Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Villarreal, Sevilla
Inggris: Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea
Jerman: Bayern, Leipzig, Dortmund, Wolfsburg
Italia: Inter Milan, AC Milan, Atalanta, Juventus
Prancis: Lille, PSG
Portugal: Sporting Lisbon, Porto, Benfica
Rusia: Zenit Saint Petersburg
Belgia: Club Brugge
Ukraina: Dynamo Kiev
Belanda: Ajax Amsterdam,
Turki: Besiktas
Swiss: Young Boys
Bulgaria: Ludogorets

Waktu Pertandingan Fase Grup

Selepas undian jadwal lengkap akan terlihat begitu juga dengan waktu pertandingan. Laga-laga di fase grup terdiri dari enam pertandingan (dikutip dari laman resmi UEFA).

Pekan Pertama: 14 dan 15 September
Pekan Kedua: 28 dan 29 September
Pekan Ketiga: 19 dan 20 Oktober
Pekan Keempat: 2 dan 3 November
Pekan Kelima: 23 dan 24 November
Pekan Keenam: 7 dan 8 Desember

Pengumuman Pemain Terbaik Eropa 2021

Di satu event yang sama UEFA juga akan mengumumkan Pemain Terbaik Eropa 2021 pada kategori putra dan putri, juga dengan kategori lainnya seperti Pelatih Terbaik 2021 putra dan putri.

Selain itu ada juga kategori Kiper, Bek, Gelandang, dan Penyerang Terbaik Eropa 2021 di kategori putra dan putri.

Breaking News Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan