BolaSkor.com - Atalanta menjadi tim yang paling mengejutkan bila menilik klasemen lima besar Serie A hingga pekan ke-37. Jauh dari bergelimang harta, pasukan Bergamo bercokol pada posisi ketiga unggul dari tim-tim kuat seperti Inter Milan, AC Milan hingga AS Roma.

Atalanta memang menampilkan permainan yang menarik pada Serie A 2018-2019. Di bawah arahan Gian Piero Gasperini, Marten de Roon dan kawan-kawan bermain menyerang, tidak peduli siapa lawan yang dihadapi.

Penampilan Atalanta kian impresif karena bermodal semangat juang yang tinggi. Para pemain ingin membuktikan jika Atalanta layak diperhitungkan sebagai satu di antara tim besar di Italia.

Pada awal musim, sulit rasanya melihat Atalanta bisa berada di tempat seperti saat ini. Apalagi, La Dea tidak terlalu aktif di bursa transfer. Atalanta hanya memboyong pemain kelas dua seperti Matteo Pessina, Duvan Zapata, Mario Pasalic hingga Arkadiusz Reca.

Menariknya, pemain-pemain tersebut justru tampil di luar dugaan. Sebut saja Duvan Zapata yang menunjukkan performa mengilap dengan mendulang 22 gol plus tujuh assist. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai pemain tersubur di Atalanta.

Selain itu, pemain muda Atalanta juga memberikan dampak yang pantang dipandang sebelah mata. Gianluca Mancini yang masih berusia 23 tahun menjadi tembok kukuh di lini belakang. Sedangkan, Musa Barrow menjadi alternatif saat Atalanta kesulitan menembus pertahanan lawan.

Selanjutnya, pemain senior Atalanta juga menjalankan tugasnya dengan baik. Papu Gomez dan Josip Ilicic yang sudah berusia 31 tahun justru menjadi motor serangan Atalanta. Kedua pemain tersebut menempati peringkat tiga besar untuk urusan pencetak gol terbanyak tim.

Saat ini, Atalanta adalah tim pertama Serie A yang mampu mencetak 100 gol dalam semua kompetisi pada musim ini.

Kini, semua sudah kepalang tanggung. Atalanta hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menyegel tiket Liga Champions 2018-2019. Atalanta tidak perlu menunggu hasil pertandingan lain, tak seperti Milan dan AS Roma.

Baca juga:

Atalanta Terus Rajut Mimpi Bermain di Liga Champions 2019-20

Atalanta Tim Ketiga yang Menaklukkan Napoli di San Paolo

Atalanta

"Ini benar-benar luar biasa hebat, dengan fans dan kemenangan ini, kami bermimpi dan punya kans nyata bermain di Liga Champions," tutur Timothy Castagne setelah meraih kemenangan melawan Genoa kepada Sky Sport Italia.

"Saya pikir kami sadar bahwa kami benar-benar bisa bertarung di empat besar ketika kami melakukan comeback melawan Roma, mengalahkan Juventus di Coppa Italia. Kami memainkan laga dengan bagus melawan enam tim top dan sekarang kami akan coba mengakhirinya dengan tinggi."

"Liga Champions akan sangat hebat, tetapi kami belum ada di sana, kami harus bekerja keras selama dua pekan depan. Kami ada dalam kondisi bagus dan harus memulai segalanya dari awal. Hanya karena kami menang di laga sebelumnya bukan berarti kami memulai laga berikutnya dengan keuntungan," terang Castagne.

Peluang Atalanta untuk meraup tiga poin cukup besar karena akan menghadapi Sassuolo di kandang. Apalagi, Sassuolo sudah tidak berambisi apa pun karena sudah mengamankan posisi di papan tengah.

Menurut Gasperini, pencapaian yang diraih Atalanta saat ini tidak terlepas pada mental para pemain. Selain itu, penggawa Atalanta juga punya semangat tinggi untuk meraih tiga poin.

"Tim ini sangat hebat dari segi mentalitas. Sisanya datang kemudian, dari sisi taktik, fisik, namun level psikologi sangat penting. Saya melihat setiap ketakutan dan rasa ragu hilang di ruang ganti pemain dan kami fokus sepenuhnya memenangi laga," tutur Gasperini