BolaSkor.com - Timnas Inggris membungkam haters ketika mereka sudah dianggap 'kalah' saat melawan Jerman di 16 besar Piala Eropa 2020. The Three Lions membuktikannya dengan kemenangan 2-0 di Wembley, Selasa (29/06) malam WIB.

Inggris bermain dengan efisien dengan 45 persen penguasaan bola, melepaskan lima tendangan (empat tepat sasaran), dua dari peluan itu berujung gol Raheem Sterling (75') dan Harry Kane (86'). Sedangkan Jerman dengan 55 persen penguasaan bola tak mampu mencetak gol.

Salah satu penilaian positif dari kemenangan itu adalah berlanjutnya catatan clean sheets Inggris. Gawang Jordan Pickford belum kebobolan gol sejak fase grup dari laga melawan Kroasia, Skotlandia, Republik Ceko, hingga Jerman.

Sebagaimana dilansir dari Opta Inggris untuk kali kedua sejak Piala Dunia 1966 mencatatkan clean sheets di empat laga pembuka turnamen besar. Inggris juga jadi satu-satunya tim di Piala Eropa 2020 yang gawangnya aman dari kebobolan gol.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Inggris 2-0 Jerman: The Three Lions Terus Melaju

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Eropa 2020

Bintang Laga Inggris Vs Jerman: Harry Maguire, Pemimpin Pertahanan Three Lions

Selebrasi timnas Inggris

"Bisa dibayangkan betapa pahit rasanya. Itu adalah pertandingan yang seimbang sampai mereka mencetak gol pertama. Kedua tim saling mengeluarkan segenap kemampuan. Efisiensi membuat perbedaan hari ini," tutur gelandang Jerman Toni Kroos.

"Inggris hampir tidak memiliki peluang sampai mereka menjadikannya 1-0. Performa kami solid sampai saat itu, tetapi gol mengubah segalanya."

Dalam pertandingan itu Gareth Southgate menurunkan taktik tiga bek pada formasi 3-4-3. Tiga bek yang bermain adalah Kyle Walker, John Stones, dan Harry Maguire. Performa apik ketiganya dipuji mantan bek timnas Inggris Rio Ferdinand.

Ferdinand, yang juga legenda Manchester United, memberikan penilaian mengenai lini belakang Inggris serta kehadiran Maguire yang pulih dari cedera sebagai penenang di lini belakang.

"Saya khawatir mereka akan ditekan kembali dengan (taktik) tiga bek, tetapi mereka semua bermain luar biasa, mereka luar biasa," ucap Ferdinand memuji performa pertahanan Inggris.

"Mereka belum kebobolan gol, mereka tegas dan tangguh. Saya suka Maguire. (Tyrone) Mings melakukannya dengan baik tetapi ketenangan yang dibawa Harry adalah yang dibutuhkan."

"Saya juga suka kecepatan (Kyle) Walker - itu sangat penting untuk lini belakang, ketika ada pemain lawan masuk dialah penjaganya."

Harry Maguire bak Lucio

Ekspresi Harry Maguire

Pandit sepak bola asal Jerman, Jurgen Klinsmann melihat sosok Maguire seperti halnya mantan bek timnas Brasil dan juga Bayern Munchen, Lucio, dalam hal memotong serangan lawan dan melakukan penetrasi dalam proses transisi bermain.

"Dia membawa bola ke lini tengah dan lari, kami tidak pernah tahu apa yang terjadi! Harry serupa, pemain yang positif, seorang pemimpin dan mengambil tindakan sendiri."

"Ketika tidak berhasil, dia mengambil bola dan pergi! Saya suka itu," urai dia.

Comeback Maguire setelah cedera dengan Manchester United di akhir musim 2020-2021 memang menjadi kabar bagus bagi Inggris. Maguire pemimpin di lini belakang dan Harry Kane memimpin lini serang Inggris.

"Sudah beberapa bulan yang sulit bagi saya untuk melewatkan final Liga Europa, pertanyaan tentang apakah saya akan fit. Penghargaan penuh untuk staf yang membuat saya siap untuk pertandingan ini," tutur Maguire selepas laga.

"Saya merasa baik dan saya lelah di babak kedua. Ini sudah diprediksi sebelumnya. Saya belum banyak berlatih. Saya yakin saya akan menjadi lebih baik dan mendapatkan kebugaran saya ke tempat yang seharusnya," yakin dia.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini