BolaSkor.com - Menjadi satu kekuatan yang dominan di Oseania dinilai cukup membosankan bagi Australia. Berbagai macam cara mereka tempuh untuk menjaga atau menaikkan level bermain mereka, tidak sekedar berpatisipasi di Piala Asia atau Piala Dunia.

Pada sekitar Januari atau Februari 2019, Australia, melalui CEO Asosiasi Sepak Bola Australia (FFA), David Gallop, mengutarakan minat Australia untuk masuk AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) dan mengikuti turnamen Piala AFF 2020.

"Bagian dari evolusi hubungan kami dengan ASEAN kini adalah menuju Piala Suzuki (Piala AFF), di mana selama ini kami dirasa terlalu kuat. Tapi, kini banyak negara telah meningkatkan kekuatannya, dan juga mempertimbangkan kemampuan Australia untuk menjadi pemain kunci dalam pasar tersebut," tutur Gallop, dilansir dari Fox Sport.

Baca Juga:

Ambisi Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020 akan Sulit jika Australia Jadi Ikut

Copa America 2019: Jadwal Laga, Daftar Kontestan, dan Fakta-fakta Menarik

Gantung Sepatu, Tim Cahill Tutup Generasi Emas Timnas Australia

Timnas Australia

Tidak berhenti sampai di situ saja, di tengah proses Australia untuk bisa bermain di Piala AFF, FFA juga mengonfirmasi partisipasi Socceroos untuk bermain di Copa America 2020 yang berlangsung di Argentina dan Kolombia.

"Kami senang tim Socceroos akan berpatisipasi di turnamen yang prestisius untuk kali pertama dalam sejarah kami. Kami telah bekerja keras selama enam bulan terakhir untuk meningkatkan hubungan internasional," tutur Presiden FFA, Chris Nikou, dilansir dari Goal.

"Pekan ini kami telah melakukan diskusi terakhir dengan kolega kami di CONMEBOL di Paris dan kami senang bisa menerima undangan ini," lanjutnya.

Copa America 2020 merupakan ajang Copa America terakhir yang dimainkan dengan agenda tahunan yang unik. Selepas menghelat Copa America tahun ini dan tahun depan, per tahun depan Copa America akan dimainkan mengikuti kalender empat tahunan UEFA.

Tahun ini dua tamu undangannya adalah Jepang dan Qatar. Tahun depan sudah dikonfirmasi Australia. Graham Arnold, pelatih timnas Australia, melihat kesempatan itu sebagai momen persiapan timnya menatap Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Copa America merupakan agenda sepak bola yang disorot dan kami tak sabar bermain di sana. Kami akan memanfaatkan kesempatan-kesempatan itu sebagai pemain dan pelatih," imbuh Arnold.

"Pengalaman yang akan kami dapatkan dari turnamen akan sangat hebat dan saya tahu pasca berbicara kepada pemain kami. Rencana kami untuk Piala Dunia Qatar (2022) telah dimulai."