BolaSkor.com - Operator kompetisi sepak bola profesional di Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), sudah menentukan pembagian grup wilayah Liga 2 2020. Terdapat dua grup wilayah, yakni barat dan timur.

Grup Wilayah Barat dan Timur masing-masing dihuni oleh 12 tim. Ada perbedaan di banding tahun lalu.

Di mana, PSIM Yogyakarta masuk ke grup barat. PSIM tahun lalu masuk bagian grup timur. Lalu PSCS Cilacap masuk ke dalam wilayah timur. Tahun lalu, PSCS masuk wilayah barat.

Hal ini imbas dari Badak Lampung FC dan Semen Padang yang terdegradasi masuk wilayah barat. Kemudian, hanya Kalteng Putra yang terdegradasi dari Liga 1 di wilayah timur.

Baca Juga:

Selain Persija Kontra Persebaya, Laga Pekan Kedua Liga 1 2020 Lainnya Tetap Berjalan

Cegah Penyebaran Virus Corona, PT LIB Wajibkan Klub Liga 1 Deteksi Kesehatan untuk Pemain-Ofisial dan Penonton

Tak hanya itu, format baru pun akan dimulai pada musim ini. Di mana, tidak ada babak 8 besar. Juara Grup Wilayah Barat dan Timur Liga 2 2020 akan langsung bertemu di final menentukan juara.

Dua tim itu otomatis promosi ke Liga 1 2021. Sementara satu tiket tersisa promosi diperebutkan oleh peringkat dua wilayah barat dan timur. Rencananya Liga 2 2020 akan dimulai pada 13 Maret 2020.

"Iya, makanya sekarang di Liga 2 juga sekarang tidak seperti dahulu ada delapan besar dan sebagainya. Juara Barat dan Timur bertarung itulah juaranya," kata Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri.

"Selain itu, kenapa kami merubah format, karena kami juga ingin menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti match-fixing," Cucu menambahkan.

Berikut pembagian grup Liga 2 2020:

Grup Barat:

Badak Lampung FC
Semen Padang
PSMS Medan
KS Tiga Naga
PSPS Riau
Babel United
Sriwijaya FC
Cilegon United
Perserang Serang
PSKC Cimahi
PSIM Yogyakarta
Persekat Kabupaten Tegal

Grup Timur:

Persiba Balikpapan
Mitra Kukar
Martapura
Kalteng Putra
PSCS Cilacap
Persijap Jepara
Persis Solo
Putra Sinar Giri FC
Semeru FC
Sulut United
PSBS Biak
Persewar Waropen