Isyaratkan Bubar, Denda Plus Ancaman Degradasi Menunggu Arema FC

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 31 Januari 2023
Isyaratkan Bubar, Denda Plus Ancaman Degradasi Menunggu Arema FC
Ilustrasi Arema FC. (Istimewa)

BolaSkor.com - Arema FC menindaklanjuti atas beragam dinamika yang terjadi seusai Tragedi Kanjuruhan. Klub Singo Edan mengisyaratkan untuk bubar jika memang eksistensiya dianggap mengganggu kondusivitas publik di Malang Raya.

Jika rencana itu terealisasi, tentu akan ada efek besar terhadap klub maupun kompetisi Liga 1 musim ini. Pembubaran Arema FC otomatis akan membuat tim besutan Javier Roca berstatus mundur dari kompetisi profesional yang tengah berjalan.

Semua konsekuensi sudah diatur dalam Regulasi Liga 1 Pasal 7 tentang pengunduran diri setelah kompetisi dimulai. Sanksinya pun beragam, mulai jeratan denda besar hingga ancaman terdegradasi ke kompetisi level bawah.

Baca Juga:

Persib Belum Terkalahkan dalam 12 Laga, PSIS Tak Gentar

Lanjutkan Tren Positif, Aji Santoso Minta Persebaya Jaga Konsistensi


Ayat 1 poin a menyebutkan, "semua hasil pertandingan yang telah dijalankan klub yang mengundurkan diri dibatalkan dan dinyatakan tidak sah".

Itu artinya, perjalanan Arema FC pada musim ini akan sia-sia. Sebanyak 26 poin dari 19 pertandingan dianggap hangus, begitu pula 15 jadwal pertandingan berikutnya.

Sementara sanksi terkait besaran denda diatur pada poin e, berbunyi, "klub yang mengundurkan diri didenda sebesar Rp3 Miliar apabila mundur di putaran satu dan Rp5 Miliar apabila mundur di putaran dua".

Lalu, Arema FC juga terancam turun kasta dan dipastikan absen selama 3 musim kompetisi apabila benar-benar bubar dan mundur.

"Diskualifikasi terhadap klub yang mengundurkan diri dari Liga 1 di 2 musim berikutnya dan hanya dapat bermain di kompetisi yang akan ditentukan oleh PSSI," bunyi ayat 1 poin b dalam Pasal 7 Regulasi Liga 1.

Dengan demikian, Arema FC akan dikenai sanksi Rp5 Miliar jika benar bubar dan mundur dari Liga 1. Sedangkan sanksi lain adalah harus absen selama 3 musim sampai 2025 dengan tampil di kasta kompetisi yang ditentukan PSSI. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan