BolaSkor.com - Jadwal lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 masih berpotensi berubah. FIFA dan AFC sebelumnya sudah menetapkan akan menggelar sisa kualifikasi zona Asia pada Oktober dan November 2020.

Potensi ini seperti disampaikan Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung pasca pertemuan virtual federasi di Asia Tenggara dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, Rabu (29/7). Pertemuan juga dihadiri Presiden AFC Salman Bin Ibrahim Al-Khalifa, Presiden AFF Khiev Sameth.

Dalam pertemuan tersebut, federasi di Asia Tenggara menjelaskan dan melaporkan aktivitas sepak bola di tengah pandemi serta rencana ke depan. Sedangkan PSSI membahas soal Piala Dunia U-20 serta rencana menggelar kompetisi mulai Oktober.

Baca Juga:

Tak Hanya Timnas Indonesia U-19, Ketum PSSI Ingin Shin Tae-yong Bawa Tim Senior TC di Korea Selatan

Timnas Thailand sebagai Lawan Terdekat Indonesia Masih Kesulitan Pulangkan Akira Nishino

Sedangkan FIFA menjelaskan soal dampak yang terjadi karena pandemi, seperti perubahan kalender kejuaraan dan kegiatan lainnya. Menurut Somyot Poompanmoung masih akan mengevaluasi lagi FIFA Matchday, yang menjadi waktu digelarnya pertandingan kualifikasi.

"Pertemuan ini bentuk perhatian FIFA terhadap 12 negara anggota di kawasan ASEAN pasca pecahnya pandemi COVID-19. Semua federasi bertukar cerita soal situasi dan dampak sepak bola untuk diinformasikan ke Presiden FIFA," kata Somyot.

"Dengan situasi saat ini, FIFA masih mengevaluasi kalender FIFA. Mungkin disesuaikan dengan situasi, karena menyelenggarakan kompetisi sepak bola tingkat internasional melibatkan banyak faktor, terutama keamanan pemain dan mereka yang terlibat."

"Mungkin ada hambatan dalam langkah-langkah pencegahan di setiap negara di mana situasi pandemi berbeda. Selain itu, FIFA berbicara solusi yang akan didapatkan setiap negara anggota," tambah Somyot.

Sementara Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menjelaskan dalam lamannya bahwa FIFA akan bekerja sama dengan AFC mengikuti perkembangan pandemi sekaligus mencari solusi terkait kelanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sesuai jadwal, Thailand menghadapi Indonesia di lanjutan Grup G pada 8 Oktober. Sementara UEA menjamu Malaysia. Lima hari berselang, Indonesia menerima UEA, sementara Malaysia menjamu Vietnam. Pada 12 November, UEA melawan Thailand, sedangkan Vietnam menjamu Indonesia. Adapun 17 November, UEA menghadapi Vietnam, Thailand bentrok dengan Malaysia.