BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengucap janji untuk Presiden Joko Widodo. Amali mengatakan hal tersebut setelah disentil oleh Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menghadiri Hari Olahraga Nasional (Haornas) secara virtual. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyebutkan soal pembinaan atlet.

Eks Gubernur Solo itu menyebut Indonesia seharusnya tidak kekurangan bibit atlet. Pasalnya terdapat lebih dari 260 juta jiwa di seluruh Tanah Air.

Baca Juga:

Peringati Haornas di Masa Pandemi, Kemenpora Adakan Lomba Virtual

Perusahaan di Jepang Tentang Keras Penyelenggaraan Olimpiade 2020

Ucapan Presiden Jokowi pun ditanggapi langsung oleh Amali. Menurut sang menteri, pihaknya akan fokus untuk membenahi proses pembinaan atlet.

"Saran dari Presiden Jokowi jelas, kami harus melakukan rekrutmen secara obyektif. Namun, setelah direkrut juga harus dibina dengan baik," kata Amali.

"Jadi semua yang kami lakukan tidak boleh lagi asal saya senang. Jangan juga asal orang-orang di Kemenpora senang, atau anaknya si A, tetangganya si B."

"Ke depan, ukuran harus jadi objektif, di situ pentingnya sports science. Sedekat apa pun dengan sang atlet, apabila pakai ukuran sports science tak masuk, ya tidak kami masukkan," lanjutnya.

Sports science memang menjadi satu di antara tema Haornas 2020. Selain sports science, dua tema lain adalah sports industry dan sports tourism.