Jelang Timnas Indonesia Vs Malaysia, Pelatih Persebaya Aji Santoso Beri Masukan

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 17 Desember 2021
Jelang Timnas Indonesia Vs Malaysia, Pelatih Persebaya Aji Santoso Beri Masukan
Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia menjaga posisi puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020. Kepastian tiket lolos ke babak semifinal dapat diraih pada matchday terakhir melawan Malaysia, Minggu (19/12).

Saat ini, skuad Garuda untuk sementara hanya unggul selisih gol atas Vietnam yang menguntit di perinkat kedua klasemen Grup B. Kedua tim sama-sama mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan.

Persaingan memperebutkan dua tiket semifinal Piala AFF 2020 juga masih terbuka bagi Malaysia yang duduk di peringkat ketiga dengan raihan enam poin. Karena itu, duel Indonesia kontra Malaysia dipastikan akan berjalan dengan sengit.

Baca Juga:

Tampil Apik di Timnas Indonesia, Rizky Ridho Sebut Ada Peran Aji Santoso

Lupakan Vietnam, Alfeandra Dewangga Ingin Fokus Lawan Malaysia

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso memiliki pandangan jika Indonesia bisa melaju ke semifinal. Fase yang terakhir kali dicapai tim Merah Putih pada Piala AFF edisi 2008 silam.

“Kalau dilihat dalam pertandingan Indonesia melawan Vietnam kemarin, (strategi) Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, cukup bagus. Strategi bertahannya cukup menyulitkan lawan (sehingga) tidak bisa menembus,” ujar Aji.

Sejatinya, Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Sementara Harimau Malaya, julukan Timnas Malaysia membutuhkan kemenangan.

Alhasil, Indonesia dapat saran dari Aji Santoso berisi cara supaya bisa mengalahkan rival di Asia Tenggara. Tim Merah sudah sudah 8 kali berhadapan dengan Malaysia di ajang Piala AFF. Kedua tim sama-sama meraih empat kemenangan.

“Yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana pemain-pemain kita lebih kuat kuasai bola di area lawan, bukan di daerah sendiri. Tidak cepat kehilangan bola,” saran mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Menurutnya, ketika Indonesia mampu merangsek ke pertahanan lawan, maka pemain lain harus segera memberi dukungan kepada barisan penyerang. Aji berharap ketika pemain depan Indonesia memiliki peluang, pemain dari lini lainnya dapat membantu.

“Kemarin saya melihat Vietnam juga merasa ketakutan dengan permainan Indonesia yang tengah pegang bola. Sayangnya ketika kita pegang bola, memasuki pertahanan lawan tidak ada pemain Indonesia yang support. Jadi selalu kalah orang,” ungkap Aji Santoso.

“Waktu melawan Vietnam, ketika pemain Indonesia menguasai bola, hanya saja dalam tiga sentuhan selalu gampang kehilangan. Kalau mereka lebih kuat main bola, saya yakin lebih luar biasa Indonesia bermain,” tandasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Piala aff Piala AFF 2020 Timnas Indonesia Malaysia Aji santoso Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan