Tampil Apik di Timnas Indonesia, Rizky Ridho Sebut Ada Peran Aji Santoso

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 17 Desember 2021
Tampil Apik di Timnas Indonesia, Rizky Ridho Sebut Ada Peran Aji Santoso
Rizky Ridho menghalau percobaan Timnas Vietnam. (AFF Suzuki Cup)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia mampu menahan imbang tanpa gol Vietnam pada laga Grup B Piala AFF 2020. Para pemain Indonesia mempertontonkan semangat tanding yang tinggi di Stadion Bishan, Singapura, (15/12) malam kemarin.

Rizky Ridho Ramadhani menjadi salah satu pemain yang mendapatkan sorotan usai tampil tangguh mengawal lini belakang skuat Garuda. Dia dipercaya mengisi satu dari tiga bek tengah yang dipasang Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia.

Pemain asal Persebaya Surabaya tersebut tampil sangat impresif dalam berkolaborasi dengan Fachruddin Wahyudi dan Alfeandra Dewangga di sektor bek tengah. Hasilnya, dari total 21 tembakan pemain-pemain Vietnam, cuma satu sepakan saja yang benar-benar sampai ke pelukan Nadeo Argawinata, kiper timnas Indonesia.

Baca Juga:

Lupakan Vietnam, Alfeandra Dewangga Ingin Fokus Lawan Malaysia

Jelang Hadapi Timnas, Pelatih Malaysia Takut Provokasi Media Indonesia

Penampilan solid Rizky Ridho bahkan mendapat pujian dari legenda hidup sepak bola Singapura, Baihakki Khaizan. Mantan pemain Persija Jakarta itu mengungkapkan pujiannya melalui akun Twitter pribadinya. Sembari menyebut nama Rizky Ridho dengan membubuhkan emoji berbentuk jempol dan bendera Indonesia.

Pemain jebolan klub internal Persebaya, El Faza, tersebut menyatakan hanya melakukan yang terbaik untuk Indonesia. Baginya tampil membela Merah Putih memberikan motivasi tersendiri.

“Saya bersyukur bisa membantu tim untuk clean sheet. Semua berkat kerja keras satu tim,” ungkap pemain 20 tahun tersebut ketika dihubungi sejumlah awak media dari Surabaya.

Rizky Ridho mengaku apa yang dilakukan bersama skuad Merah putih tak lepas dari kebiasaan permainan yang diperagakan Persebaya. Menurutnya, pelatih Aji Santoso terus menekankan kepada pemain-pemain Bajol Ijo untuk tidak melakukan kesalahan di area sepertiga pertahanan sendiri.

Menariknya, Rizky Ridho tidak mendapatkan kartu kuning sekali pun. Melakukan pelanggaran pun tidak. Padahal, dia dua kali melakukan tekel krusial menghalau ancaman dari Vietnam. Total mencatatkan masing-masing lima clearances dan intercepts.

“Ini juga berkat pesan dari coach Aji. Sebab, selama di Persebaya kami dilarang melakukan pelanggaran di sepertiga lapangan sendiri. Alhamdulillah saya diizinkan Allah melakukannya kemarin,” pungkasnya.

Tak hanya mendapat pujian dari Baihakki Khaizan, penampilan tangguh Rikzy Ridho membuatnya masuk nominasi pemain terbaik di pekan keempat. Rizky Ridho bersaing dengan Teerasil Dangda (Thailand), Hariss Harun (Singapura), Chan Vathanaka (Kamboja), dan Nguyen Phong Phong Duy (Vietnam). (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Rizky Ridho Aji santoso Persebaya surabaya Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2020
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan