Jika Shin Tae-yong Tidak Hadir di Jakarta, Program TC Timnas Indonesia Diserahkan ke Asisten Pelatih

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 18 Juni 2020
Jika Shin Tae-yong Tidak Hadir di Jakarta, Program TC Timnas Indonesia Diserahkan ke Asisten Pelatih
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat diperkenalkan secara resmi oleh PSSI. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

BolaSkor.com - PSSI ingin manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, hadir di Jakarta untuk membahas pemusatan latihan (TC) Skuat Garuda Senior dan U-19. Jika tidak, PSSI akan meminta Shin Tae-yong mengirim program Skuat Garuda Muda dan U-19 yang kemudian dijalankan oleh asisten pelatih.

Sebelumnya, Shin Tae-yong bersikukuh menggelar TC Timnas Indonesia Senior dan U-19 di Korea Selatan (Korsel) pada 15 Juli mendatang. Ada beberapa alasan mengapa pelatih asal Korsel itu ingin TC Timnas Indonesia Senior dan U-19 digelar di negaranya.

Pertama, Shin Tae-yong mengungkapkan Korsel lebih aman ketimbang Indonesia dalam penanganan Virus Corona. Kedua, Timnas Indonesia Senior dan U-19 dapat melakukan uji coba dengan lawan level atas.

Namun, PSSI bersikukuh TC Timnas Indonesia Senior dan U-19 dilakukan di Tanah Air. Banyak pertimbangan yang menjadi alasannya. Salah satunya tidak mungkin membawa dua tim dan ofisial ke luar negeri di tengah pandemi Virus Corona.

Baca Juga:

PSSI Beri Alasan Konkret TC Timnas Indonesia Lebih Baik Digelar di Tanah Air

Soal Lokasi TC, Ketua Satgas Timnas Tegaskan Shin Tae-yong Harus Ikuti Arahan PSSI

"Saat ini Shin Tae-yong sedang di Korsel, PSSI dan Shin Tae-yong sering komunikasi. Mengatur skema tentang program Timnas. Namun, kami perlu kehadiran beliau di Jakarta. Kami minta Shin Tae-yong untuk koordinasi dengan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri) soal progam Timnas Indonesia Senior dan U-19," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, dalam sesi konferensi pers di kantor PSSI, Jakarta, Senayan, Kamis (18/6).

"Timnas Indonesia U-16 akan TC di Bekasi bulan depan (untuk persiapan Piala Asia U-16 2020 di Bahrain pada November). Dalam keadaan new normal, atas perintah Ketum PSSI (Mochamad Iriawan) TC Timnas digelar di sini, Shin Tae-yong harus hadir di Jakarta. Jika tidak, kami minta Shin Tae-yong bikin program, dilaksanakan asistennya kemungkinan Juli. Mudah-mudahan bisa dilaksanakan. Mepet 4 bulan lagi (Piala Asia U-19 2020), jadi kami segera dipersiapkan dengan baik protokol kesehatan (TC)," tambahnya.

Seperti diketahui, TC ini dilakukan bagi Timnas Indonesia Senior untuk menghadapi sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. Ketiga laga ini berlangsung di bulan Oktober 2020.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19/U-20 akan terjun ke Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada Oktober mendatang. Skuat Garuda Muda tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Iran, dan Kamboja. Setelah itu, secara berskala Timnas Indonesia U-19 melakukan progam persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Shin Tae-yong Breaking News Pssi
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan