BolaSkor.com - PSSI memberikan alasan mengapa tetap bersikukuh ingin melakukan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia Senior dan U-19 di Indonesia. Salah satu alasannya adalah tidak mungkin membawa banyak pemain dan ofisial ke luar negeri di tengah pandemi Virus Corona (COVID-19).

Sebelumnya, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ingin menggelar TC Timnas Indonesia Senior dan U-19 di Korea Selatan (Korsel) pada 15 Juli mendatang. Pasalnya, Shin Tae-yong mengungkapkan Korsel lebih aman ketimbang Indonesia dalam penanganan Virus Corona. Terlebih di Korsel, Timnas Indonesia Senior dan U-19 dapat melakukan uji coba dengan lawan level atas.

Namun, PSSI bersikukuh TC Timnas Indonesia Senior dan U-19 dilakukan di Tanah Air. Banyak pertimbangan menjadi alasannya.

TC ini dilakukan bagi Timnas Indonesia Senior untuk menghadapi sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. Ketiga laga ini berlangsung di bulan Oktober 2020.

Baca Juga:

Soal Lokasi TC, Ketua Satgas Timnas Tegaskan Shin Tae-yong Harus Ikuti Arahan PSSI

PSSI Beri Respons soal Pernyataan Shin Tae-yong di Media Korsel

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19/U-20 akan terjun ke Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada Oktober mendatang. Skuat Garuda Muda tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Iran, dan Kamboja. Setelah itu, secara berskala Timnas Indonesia U-19 melakukan progam persiapan Piala Dunia U-20 2021.

"Ke depan Timnas banyak sekali agenda. Oktober ada dua kegiatan berbenturan, yaitu Piala Asia U-19 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Lalu ada Piala AFF 2020 pada November dan Desember. Jika Timnas di bawa ke Korsel, tidak kepegang nanti. Kita pertimbangkan matang-matang, paling efisien efektif di Indoensia. Tinggal lihat perkembangan zona hijau, bisa di Yogyakarta atau di mana," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan, dalam sesi konferensi pers di kantor PSSI, Jakarta, Senayan, Kamis (18/6).

"Shin Tae-yong memberikan plan ke kami. Shin Tae-yong kasih tiga plan. Plan A Korsel, Plan B di Jakarta dari Juli sampai Oktober. Kita pilih yang B. Kami masih terus berkomunikasi dengan Shin Tae-yong dalam penentuan TC," tambahnya.