Joao Felix dan Kiprah 8 Pemain Portugal di Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 11 Januari 2023
Joao Felix dan Kiprah 8 Pemain Portugal di Chelsea
Joao Felix (Twitter Resmi Chelsea)

BolaSkor.com - Chelsea tidak membuang-buang waktu di bursa transfer musim dingin (Januari 2023). Kendati performa The Blues sedang tidak baik-baik saja di Premier League, mereka sukses mendaratkan empat pemain sejauh ini.

Mereka yang sudah direkrut Chelsea arahan Graham Potter adalah David Datro Fofana, Benoit Badiashile, Andrey Santos, dan teranyar Joao Felix. Felix (23 tahun) dipinjam dari Atletico Madrid, tanpa opsi beli, sampai akhir musim 2022-2023.

"Penyerang Portugal, Joao Felix akan menjadi bagian dari skuad Chelsea untuk sisa musim ini, setelah pindah ke Stamford Bridge dengan status pinjaman dari Atletico Madrid," demikian pernyataan di situs resmi Chelsea.

Baca Juga:

Manchester City 4-0 Chelsea: The Citizens Kembali Kalahkan The Blues

Resmi, Chelsea Pinjam Joao Felix dari Atletico Madrid

Update Transfer: Joao Felix ke Chelsea, Man United Kian Dekat Boyong Wout Weghorst

Joao Felix pun siap memberikan komitmennya untuk Chelsea agar bisa mencapai target musim ini. "Chelsea adalah salah satu tim hebat di dunia dan saya berharap dapat membantu tim mencapai tujuan mereka, jadi saya sangat, sangat senang berada di sini dan sangat bersemangat untuk bermain di Stamford Bridge," ucap Felix.

Hadirnya Felix semakin menambah panjang daftar pemain asal Portugal yang pernah membela Chelsea. Tentu saja Chelsea juga pernah sukses kala dilatih pelatih asal Portugal, Jose Mourinho. Siapa saja pemain tersebut?

1. Ricardo Carvalho

Pemain dari Portugal paling sukses di Chelsea selama enam tahun (2004-2010) membela klub. Ricardo Carvalho bisa dibilang mengawali kesuksesan Chelsea di era Roman Abramovich, juga di era Jose Mourinho.

Mourinho sukses saat melatih Porto dan Carvalho diboyongnya ke Chelsea. Carvalho berposisi sebagai bek tengah. Kala masih prima ia bek yang cepat, lincah, cekatan, dan pintar membaca permainan.

Carvalho memenangi tiga titel Premier League, tiga Piala FA, dua Piala Liga di Chelsea sebelum akhirnya membela Real Madrid, AS Monaco, dan pensiun pada 2017 dengan Shanghai SIPG.

2. Paulo Ferreira

Seperti halnya Carvalho, Paulo Ferreira juga diboyong Mourinho ke Stamford Bridge dari Porto. Ferreira pemain serba bisa yang dapat bermain baik sebagai bek kanan atau kiri, dengan kemampuan membaca permainan.

Ferreira bukan full-back yang cepat dan lincah, tetapi dapat diandalkan dalam fase bertahan dan menyerang. Ia membela Chelsea sampai akhir kariernya dari medio 2004 hingga 2013. Ferreira sukses memenangi tiga titel Premier League, empat Piala FA, dua Piala Liga, satu Liga Champions, dan Liga Europa.

3. Raul Meireles

Gelandang asal Portugal yang mirip dengan drummer Blink-182, Travis Barker, bermain untuk Chelsea selama satu musim (2011-2012). Raul Meireles direkrut karena cedera panjang Michael Essien dan kegagalan merekrut Luka Modric.

Kariernya singkat di Chelsea tapi dalam kurun waktu tersebut ia memenangi Piala FA dan Liga Champions. Meireles gelandang serba bisa dengan kemampuan bertahan dan bermain ofensif sama baiknya. Selain di Chelsea Meireles juga pernah memperkuat Liverpool, Fenerbahce, dan Porto.

4. Tiago Mendes

Gelandang lainnya dari Portugal yang pernah membela Chelsea pada medio 2004-2005, setelah sebelumnya membela Braga dan Benfica. Karier Tiago Mendes tidak panjang di Chelsea dan lebih dikenal saat membela Atletico Madrid (2010-2017). Ia juga sempat membela Lyon dan Juventus.

Tiago dikenal sebagai gelandang perebut bola, pekerja keras, dan punya kengototan saat bermain. Ia siap melakukan pekerjaan 'kotor' dan membantu tim kala melakukan transisi bermain. Semusim di Chelsea sudah cukup membuatnya memenangi Premier League, Piala Liga, dan Community Shield.

5. Maniche

Dipinjam Chelsea pada tengah musim 2005-2006 dari Dynamo Moscow dan kontraknya tak dipermanenkan. Maniche tak cukup bermain hingga tak mendapatkan medali Premier League.

Dapat dimaklumi ia tak banyak bermain karena lini tengah Chelsea dipadati pemain seperti Michael Essien, Frank Lampard, dan Claude Makelele. Alhasil Maniche kembali ke Moscow dan setelahnya membela Atletico Madrid, Inter Milan, dan pensiun dengan Sporting Lisbon pada 2011.

6. Deco

Melanjutkan tradisi gelandang-gelandang asal Portugal yang membela Chelsea. Deco memperkuat Chelsea selama dua tahun (2008-2010) dan membawa pengalamannya selama empat tahun memperkuat Barcelona.

Deco gelandang dengan tipe pengatur serangan (playmaker) dan ia membantu Chelsea memenangi satu titel Premier League, dua Piala FA, dan satu Community Shield. Saat ini Deco menjadi agen pemain.

7. Jose Bosingwa

Empat tahun membela Chelsea (2008-2012) dan direkrut dari Porto. Jose Bosingwa bek kanan yang cepat dan lincah hingga ia sangat efektif ketika membantu serangan. Di Chelsea ia memenangi dua titel Piala FA dan satu Liga Champions.

Selain Chelsea, Bosingwa juga pernah membela QPR dan Trabzonspor sebelum pensiun pada 2016. Pasca pensiun namanya tak terdengar lagi.

8. Ricardo Quaresma

Timnas Portugal pernah memiliki winger lincah dan elegan dalam diri Ricardo Quaresma. Ia membela Chelsea pada 2009 sebagai pemain pinjaman dari Inter Milan. Kariernya singkat dengan Chelsea dan Quaresma tak punya kenangan bagus di sana.

Dalam kariernya Quaresma juga pernah bermain untuk Sporting Lisbon, Barcelona, Porto, Inter, Besiktas, Al-Ahli, hingga terakhir bersama Vitoria Guimaraes.

Selain kedelapan nama tersebut Chelsea juga punya pemain asal Portugal lainnya seperti Hilario, Eduardo, Fabio Paim, Nuno Morais, dan Filipe Oliveira.

Chelsea Trivia Sepak Bola Portugal Joao Felix Ricardo Quaresma Ricardo carvalho
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan