Jose Mourinho Ungkit Andilnya di Balik Kejayaan Real Madrid di Eropa

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 21 Maret 2019
Jose Mourinho Ungkit Andilnya di Balik Kejayaan Real Madrid di Eropa
Jose Mourinho kala melatih Real Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - Pelatih asal Portugal, Jose Mourinho, berbicara soal andilnya dalam membentuk mentalitas Real Madrid. Menurutnya, Los Blancos tidak akan menjadi seperti beberapa musim terakhir (menjadi juara Liga Champions) tanpa andil dirinya.

Perjalanan Madrid musim ini memang kandas di 16 besar Liga Champions. Madrid kalah agregat gol 3-5 dari Ajax Amstedam. Kendati demikian, El Real masih tetap klub terbaik Eropa jika menilik 13 titel Liga Champions yang mereka miliki.

Tiga titel Liga Champions itu diraih beruntun tiga musim terakhir di era Zinedine Zidane. Mourinho pun tidak mau kalah mengklaim kesuksesan Real Madrid itu. Pernah membesut Madrid pada medio 2010-2013, Mourinho mengungkapkan fakta menarik.

Baca Juga:

Jose Mourinho Bocorkan Kapan Waktu Kembali Melatih

Real Madrid Dilatih Zidane, Keylor Navas Lepas Unek-unek soal Santiago Solari

Cristiano Ronaldo Ungkap Arti Spesial Real Madrid dan Spanyol

Jose Mourinho

The Special One menjabarkan fakta, bahwa Madrid dahulunya bermental lemah dengan memberi contoh laga Liga Champions melawan Olympique Lyonnais. Mourinho menilai Madrid saat itu ketakutan menghadapi Lyon.

"Saya pikir selama tujuh-delapan tahun mereka (Madrid) tidak pernah mencapai perempat final. Mereka tidak bermain di semifinal atau perempat final. Pada musim pertama saya kami melawan Lyon dan klub takut," tutur Mourinho kepada BeIN Sports.

"Saya gagal paham. Bagaimana bisa klub takut kepada Lyon, yang memang tim bagus, tapi itu Lyon."

Kemudian pada musim 2011-12, Madrid dua kali beruntun menapaki fase semifinal Liga Champions dan kembali kalah. Kali ini, Madrid disingkirkan Bayern Munchen via drama adu penalti.

"Kami gagal di semifinal karena penalti, dengan Kaka, Sergio Ramos, dan Cristiano Ronaldo - semuanya penendang sempurna - gagal. Kemudian, kami punya rekor 100 poin (di LaLiga) dan kalah di semifinal karena penalti," papar Mourinho yang berhasil memberikan titel LaLiga 2011-12.

Mourinho tidak sedang melatih klub sejak dipecat Manchester United Desember lalu. Mourinho yakin musim depan ia akan kembali melatih, meski faktanya Madrid - yang sempat dihubungkan dengannya - kembali menunjuk Zinedine Zidane sebagai pelatih anyar hingga tahun 2022.

"Saya punya rencana untuk mulai (melatih) pada Juni di klub. Saya tahu persis apa yang tidak saya inginkan musim depan, itulah mengapa saya menolak tiga-empat penawaran," imbuh Mourinho.

"Saya tahu apa yang saya inginkan, bukan dari segi klub-klub tertentu, tapi dengan cara kerja mereka dan (takar) kebesaran klub, dan itulah yang sedang saya nantikan," jelasnya.

Breaking News Real Madrid Liga Champions Jose Mourinho Zinedine Zidane
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.265

Bagikan