BolaSkor.com - Rumor pemecatan Ronald Koeman dari kursi pelatih Barcelona kian kencang terdengar dalam beberapa jam terakhir. Sejumlah nama kandidat pengganti bahkan sudah beredar.

Hal ini tak lepas dari hasil buruk yang diraih Barcelona dalam dua laga terakhirnya. Padahal Blaugrana tampil di markas kebesarannya, Camp Nou.

Barcelona dibantai tiga gol tanpa balas pada laga perdana fase grup Liga Champions 2021-2022, tengah pekan lalu. Setelah itu, Frenkie de Jong dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Granada dalam lanjutan LaLiga.

Baca Juga:

Ronald Koeman dan Filosofi Bermain Barcelona yang Telah Berubah

Barcelona Lirik Dua Pelatih Italia untuk Gantikan Koeman

Ancaman Pemecatan Mulai Hantui Ronald Koeman

Joan Laporta dan Ronald Koeman saat merayakan gelar Copa del Rey

Selain hasil yang tak maksimal, permainan Barcelona dalam dua laga itu kurang memuaskan. Hal ini membuat Joan Laporta selaku presiden klub dan jajarannya mulai gerah.

Menurut laporan Mundo Deportivo, Koeman akan kehilangan pekerjaannya andai Barcelona kembali meraih hasil buruk pada dua laga ke depan. Nama Xavi Hernandez, Antonio Conte, hingga Andrea Pirlo menjadi calon pengganti yang disiapkan.

Juru bicara Laporta, Enric Masip coba memberi konfirmasi terkait rumor ini. Meski tak mengiyakan, ia juga tidak membantahnya.

“Dia (Koeman) mendapat pujian karena dia adalah pelatih Barcelona. Jika pelatih berada dalam situasi ini, itu karena dia memiliki kepercayaan diri untuk melanjutkan," kata Masip kepada RAC1.

“Ketika Anda melihat hal-hal tidak berfungsi, maka menjadi normal untuk ragu.”

Masip bahkan tak menampik kalau Xavi merupakan pelatih Barcelona impian Laporta. Tentu hal ini menjadi kode yang sangat jelas.

Menunjuk Xavi sebagai pelatih adalah salah satu janji kampanye Laporta. Mungkin sekarang waktu yang tepat untuk menepatinya.

“Referensi presiden selalu Cruyff dan kemudian ada orang seperti Guardiola dan Xavi. Laporta selalu mengatakan bahwa Xavi akan menjadi pelatih Barca," tambahnya.

Barcelona akan berhadapan dengan Cadiz dan Levante pada dua laga ke depan. Koeman harus mengeluarkan kemampuan terbaik untuk terus menangani klub asal Catalunya tersebut hingga kontraknya berakhir.