Jurgen Klopp Angkat Bicara Terkait Kekhawatiran Fans Liverpool soal Titel Premier League

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 14 Maret 2020
Jurgen Klopp Angkat Bicara Terkait Kekhawatiran Fans Liverpool soal Titel Premier League
Jurgen Klopp (Twitter)

Bolaskor.com - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, turut berbicara mengenai kekhawatiran fans The Reds terkait titel Premier League musim ini. Klopp menilai sepak bola tidak lagi relevan untuk dibicarakan saat ini karena penyebaran virus corona yang semakin parah di Eropa.

Premier League ditunda hingga April karena penyebaran virus corona telah mencapai Inggris. FA tak mau mengambil risiko memainkan pertandingan dengan adanya kerumunan fans di stadion yang dapat menyebarkan virus corona - jika ada yang terjangkit.

Memainkan laga tanpa penonton pun tidak lagi menjadi opsi, sebab klub-klub juga membutuhkan uang pemasukan dari hasil penjualan tiket. Liverpool berada di puncak klasemen dan terpaut 25 poin dari Manchester City dalam penundaan Premier League saat ini.

Liverpool sedianya hanya butuh dua kemenangan lagi untuk mengamankan titel Premier League yang terakhir diraih pada 1990 (masih bernama Divisi Satu). Tapi dalam kondisi terkini tak ada jaminan Liverpool akan 'diberikan' titel Premier League.

Baca Juga:

Liga Ditunda karena Virus Corona, Liverpool Tetap akan Diberikan Titel Premier League

Tak Ada Garansi Liverpool Dapatkan Trofi Premier League

Dampak Virus Corona: 4 Cara Premier League Akhiri Musim Ini

Melalui laman resmi Liverpool, Jurgen Klopp berusaha meredam kekhawatiran fans soal titel Premier League. Menurutnya, saat ini bukanlah momen untuk membicarakan sepak bola, melainkan untuk memikirkan kondisi diri dan orang di sekitar.

Jurgen Klopp

"Saya tidak berpikir ini adalah saat di kala pemikiran seorang manajer sepak bola jadi penting, tetapi saya mengerti untuk para pendukung kami, mereka akan ingin mendengar (kabar) dari tim dan saya akan menerimanya," tutur Klopp.

"Pertama dan terpenting, kita semua harus melakukan apa pun untuk melindungi satu sama lain. Dalam masyarakat yang saya maksud. Ini harus menjadi kasus sepanjang waktu dalam hidup, tetapi pada saat ini saya pikir itu lebih penting dari sebelumnya."

"Saya sudah katakan sebelumnya bahwa sepak bola selalu tampak sebagai yang terpenting dari hal yang paling tidak penting. Hari ini, pertandingan sepak bola dan sepak bola benar-benar tidak penting sama sekali."

"Tentu saja, kami tidak ingin bermain di depan stadion yang kosong dan kami tidak ingin permainan atau kompetisi dihentikan, tetapi jika melakukannya membantu satu orang tetap sehat - hanya satu - kami melakukannya tanpa pertanyaan lagi. Jika itu adalah pilihan antara sepak bola dan kebaikan masyarakat luas, itu bukan kontes. Sungguh, bukan itu," tegas Klopp.

Manajer asal Jerman itu yakin sepenuhnya kepada pihak berwenang dalam memberi keputusan akhir soal liga. Selain itu, Klopp juga memberikan dukungan moril kepada mereka, dari tim-tim rival, yang terjangkit virus corona.

"Keputusan dan pengumuman hari ini sedang dilaksanakan dengan motif menjaga orang tetap aman. Karena itu kami mendukung sepenuhnya. Kami telah melihat anggota tim yang bersaing dengan kami menjadi sakit. Virus ini menunjukkan bahwa terlibat dalam sepak bola tidak memberikan kekebalan," imbuh Klopp.

"Kepada klub saingan kami dan individu-individu yang terpengaruh dan bagi mereka yang nantinya akan menjadi demikian, Anda ada dalam pikiran dan doa kami."

"Tidak ada dari kita yang tahu pada saat ini apa hasil akhirnya, tetapi sebagai sebuah tim kami harus memiliki keyakinan bahwa pihak berwenang membuat keputusan berdasarkan penilaian dan moral yang baik."

Penyebaran virus corona di Britania Raya

Mikel Arteta, manajer Arsenal, dan tiga pemain Leicester City positif virus corona. Klopp mengakhirinya dengan pesan kepada publik untuk saling menjaga kesehatan satu sama lain.

“Ya, saya adalah manajer tim dan klub ini dan karena itu memikul tanggung jawab kepemimpinan terkait masa depan kami di lapangan pertandingan," tambah Klopp.

"Tetapi saya pikir pada saat ini, dengan begitu banyak orang di sekitar kota kami, wilayah, negara dan dunia menghadapi kecemasan dan ketidakpastian, akan sepenuhnya salah untuk berbicara tentang apa pun selain menasihati orang untuk mengikuti saran ahli dan menjaga diri mereka sendiri dan satu sama lain."

“Pesan dari tim kepada para pendukung kami hanya tentang kesehatan anda. Prioritaskan kesehatan Anda. Jangan mengambil risiko apa pun. Pikirkan tentang yang rentan dalam masyarakat kita dan bertindaklah sebisa mungkin dengan belas kasih bagi mereka."

"Tolong jaga diri Anda dan jaga satu sama lain," pungkas Jurgen Klopp.

Breaking News Liverpool Premier League Virus Corona Jurgen Klopp
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.219

Bagikan