Juventus Kian Tersudut dalam Kasus Paspor Luis Suarez

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 05 Desember 2020
Juventus Kian Tersudut dalam Kasus Paspor Luis Suarez
Luis Suarez (Twitter)

BolaSkor.com - Pengajuan paspor Italia yang dilakukan Luis Suarez bisa berubah menjadi mimpi buruk bagi Juventus. Bianconeri bisa dihukum berat karena dianggap terlibat aktif dalam kasus ini.

Pada musim panas lalu, Suarez memang mengajukan permohonan mendapatkan paspor Italia dari garis keturunan sang istri. Hal ini dilakukan demi memuluskan rencana kepindahan sang penyerang ke Juventus.

Setelah masuk daftar jual Barcelona, Suarez memang santer diberitakan akan merapat ke Juventus. Namun keinginan tersebut terganjal dengan kuota pemain non-uni Eropa Si Nyonya Tua yang sudah penuh.

Baca Juga:

5 Pesaing Manchester United Menggaet Mesin Gol Dortmund, Erling Haaland

Juventus Miliki Modal Bagus untuk Melawan Barcelona

Rapor Pemain Anyar Serie A: Morata Dapat A, Tonali dan Hakimi Rata-Rata Air

Direktur olahraga Juventus, Fabio Paratici

Namun dalam prosesnya, Suarez terindikasi melakukan kecurangan. Pihak berwenang melihat ada hal aneh saat penyerang berkebangsaan Uruguay itu menjalani tes bahasa.

Dalam tes yang dilakukan di Universitas Perugia, Suarez hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk dinyatakan lulus dengan predikat menengah.

Hal ini kemudian menimbulkan kecurigaan. Proses tesnya kemudian diinvestigasi karena sarat akan kecurangan.

Kantor kejaksaan kemudian menghukum rektor Universitas Perugia, Giuliana Grego serta dua profesor yaitu Stefania Spina dan Lorenzo Rocca. Ketiganya dianggap membocorkan soal-soal ujian kepada Suarez sebelum tes dimulai.

Menariknya. Juventus ikut terlibat dalam praktik kotor ini. Fakta tersebut ditemukan oleh jaksa penuntut umum.

“Investigasi juga memungkinkan kami untuk memahami bahwa pada awal September 2020, manajemen klub Turin berperan aktif bahkan di level institusi tertinggi untuk mempercepat pengakuan kewarganegaraan Italia Suarez. Ini menunjukkan hipotesis baru tentang kejahatan terhadap orang-orang selain mereka yang menjadi anggota universitas, meski masih dalam proses studi," bunyi pernyataan jaksa penuntut hukum dilansir dari Football Italia.

Sebagai langkah lanjutan, jaksa akan melakukan pemeriksaan kepada Direktur olahraga Juventus, Fabio Paratici. Tindakan ini membuat raksasa Italia itu kian sulit untuk menghindar.

Andai terbukti bersalah, Juventus tidak hanya akan berurusan dengan hukum. Mereka juga terancam menerima sanksi dari FIGC mulai dari denda hingga degradasi dari Serie A.

Juventus sendiri masih optimis tak bersalah dalam kasus ini. Pihak klub menyatakan dukungannya kepada Paratici.

"Juventus Football Club mengonfirmasi bahwa hari ini Fabio Paratici sudah diberi tahu tentang jaminan dan hak membela diri. Klub menegaskan kembali kebenaran pekerjaan Paratici dan percaya diri bahwa penyelidikan yang berjalan akan membantu memperjelas posisinya dalam waktu yang dibutuhkan," bunyi pernyataan resmi Juventus.

Setelah kecurangan tercium dalam kasus paspor Suarez, Juventus mengakhiri proses negosiasi. Sebagai gantinya, mereka memulangkan Alvaro Morata dengan status pinjaman dari Atletico Madrid.

Juventus Luis Suarez Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan