Kabar Baik untuk Klub Liga 1, PSSI-LIB Tanggung Tes PCR hingga Masker

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 25 Agustus 2021
Kabar Baik untuk Klub Liga 1, PSSI-LIB Tanggung Tes PCR hingga Masker
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan pihaknya bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menanggung kebutuhan protokol kesehatan 18 klub Liga 1 2021/2022.

Liga 1 2021/2022 dimulai pada 27 Agustus mendatang, dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Setiap elemen yang bertanding dan hadir di stadion harus dinyatakan negatif COVID-19 melalui tes PCR sehari sebelumnya.

Lalu tidak ada penonton secara langsung, dan dilarang nonton bareng (nobar). Kemudian, seluruh orang yang berada di stadion juga sudah wajib vaksinasi COVID-19 sampai dosis kedua.

Awalnya, PT LIB menerapkan tes antigen. Namun, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meminta harus tes PCR.

"Kami menanggung semuanya termasuk swab antigen, PCR, masker," ujar Iriawan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (24/8).

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, baru merilis tiga laga awal Liga 1 2021/2022, sebagai bahan evaluasi. Jika berjalan lancar sesuai prokes, Liga 1 2021/2022 terus berlanjut sampai selesai dengan evaluasi setiap laganya.

Baca Juga:

Menpora Yakin Suporter Tidak Akan Datang ke Stadion

Tiga Laga Jadi Bahan Evaluasi, Ketum PSSI Yakin Liga 1 Berjalan Lancar

Jika tidak, bukan tidak mungkin Polri bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghentikan Liga 1 2021/2022.

Bali United versus Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 27 Agustus nanti, sebagai laga pembuka.

Lalu, Persipura Jayapura menghadapi Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (28/8). Kemudian, Bhayangkara FC kontra Persiraja Banda Aceh di Indomilk Arena, Minggu (29/8).

"Semua sudah berkomitmen untuk menjalankan sistem bubble to bubble yang memang semacam karantina. Hal seperti ini sudah diterapkan dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Jika ada pelanggaran, sanksi yang begitu berat akan datang dari pemerintah," tambah Iriawan.

Pssi PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Mochamad Iriawan Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.023

Bagikan