BolaSkor.com - Kabar rencana naturalisasi pemain asing untuk membela Timnas Indonesia U-19/U-20 di Piala Dunia U-20 2021 belakangan menguat. Munculnya sejumlah pemain muda asal Brasil menjadi sebab.

Diawali kehadiran duo Brasil di skuat Arema FC, Hugo Guilherme Correa Grillo dan Pedro Henrique Bartoli Jardim. Keduanya masing-masing berposisi sebagai bek dan striker.

Dua pemain muda Negeri Samba lain kembali unjuk diri. Persija Jakarta menjadi klub yang didatangi Thiago Apolinario Pereira dan Maike Henrique De Lima, yang masing-masing berusia 18 tahun.

Baca Juga:

Rahmad Darmawan Penentu Nasib Robert Junior di Madura United

Sambut Piala Dunia U-20, Dua Brasil Rekrutan Arema FC Bakal Dinaturalisasi

Hugo Guilherme Correa Grillo dan Pedro Henrique Bartoli Jardim. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

Terbaru adalah Madura United. Sape Kerrab baru saja mengumumkan kehadiran Robert Junior Rodrigues Santos, yang dijelaskan berusia 19 tahun.

Kelima pemain tersebut disinyalir masuk dalam proyek rencana naturalisasi PSSI.

Namun rencana naturalisasi itu bisa saja berujung sia-sia untuk Piala Dunia U-20. Itu jika merujuk Statuta FIFA terkait Aturan Kelayakan.

FIFA mengatur terkait Pemerolehan Kebangsaan Baru. Bahwa pemain dengan kebangsaan baru dan belum pernah bermain di sepak bola level internasional berhak bermain untuk mewakili tim yang baru jika memenuhi syarat. Salah satu poin tampaknya tidak dipenuhi oleh lima pemain asal Brasil yang sudah beredar.

Empat poin dan salah satunya harus dipenuhi yakni:

1. Lahir di wilayah (negara) asosiasi bersangkutan.

2. Ibu kandung atau ayah kandung lahir di wilayah asosiasi terkait.

3. Nenek atau kakeknya lahir di wilayah asosiasi terkait.

4. Tinggal secara terus-menerus setidaknya selama lima tahun setelah berusia 18 tahun