BolaSkor.com - Kylian Mbappe dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia 2021 versi Globe Soccer Awards. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu mengalahkan juara bertahan, Robert Lewandowski

Munculnya Mbappe sebagai pemenang memang cukup mengejutkan. Pada penghargaan Ballon d'Or yang lebih bergengsi, sang pemain hanya menduduki peringkat kesepuluh.

Namun kesuksesan Prancis menjuarai UEFA Nations League dan torehan 51 gol sepanjang 2021 menjadi modal Mbappe untuk meraih penghargaan ini. Semua itu diraihnya saat masih berusia 23 tahun.

Baca Juga:

Liga Champions Hambat Negosiasi Mbappe dan Real Madrid

Mbappe Buka Peluang Perpanjang Kontrak, PSG Merespons

PSG 4-1 Club Brugge: Mbappe Pecahkan Satu Rekor Messi

Robert Lewandowski dan Kylian Mbappe

“Ini merupakan pencapaian besar bagi saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada klub saya Paris Saint-Germain, yang mempercayai saya selama lima tahun terakhir, bahkan lebih baik musim ini," kata Mbappe saat menerima penghargaan ini di Dubai, Selasa (28/12) dini hari WIB.

"Ini adalah motivasi besar untuk terus bekerja keras dan mungkin kembali tahun depan dan memenangkan lagi begitu banyak gelar secara individu dan kolektif.”

Globe Soccer Awards merupakan penghargaan yang dipelopori oleh Asosiasi Klub Eropa (ECA) dan Asosiasi Agen Pemain Eropa (EFAA). Tahun 2021 merupakan edisi ke-12.

Meski kalah dari Mbappe, Lewandowski tak pulang dengan tangan hampa. Ia mendapat dua gelar lain yaitu Pemain terbaik pilihan suporter dan Maradona Award karena menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang tahun ini dengan 60 gol.

Cristiano Ronaldo juga dianugerahi gelar top skorer sepanjang masa. Sementara Chelsea dan Timnas Italia dinobatkan sebagai tim terbaik.

Berikut ini daftar lengkap pemenang Globe Soccer Awards

Pemain Terbaik Pilihan Suporter: Robert Lewandowski
Pemain Terbaik Pria: Kylian Mbappe
Maradona Award: Robert Lewandowski
Top Skorer Sepanjang Masa: Cristiano Ronaldo
Timnas Terbaik: Italia
Agen Terbaik: Federico Pastorello
Direktur Olahraga Terbaik: Txiki Begiristain
Klub Terbaik: Chelsea
Bek Terbaik: Leonardo Bonucci
Kiper Terbaik: Gianluigi Donnarumma
Tim Wanita Terbaik: Barcelona
Pemain Terbaik Wanita: NAlexia Putellas
Inovasi Terbaik: Serie A
Pemain eSport Terbaik: Msdossary7
Akademi Terbaik di Afrika: ZED FC