Kapten Persib Tanggapi Alih Profesi Pesepak Bola Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 02 Januari 2021
Kapten Persib Tanggapi Alih Profesi Pesepak Bola Indonesia
Supardi Nasir. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Berbisnis menjadi andalan para pesepak bola Indonesia saat ini. Mulai dari kuliner, fashion hingga properti.

Bisnis itu terpaksa dilakukan hanya untuk menyambung hidup. Sebab penghasilan utamanya terhenti usai PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menunda kompetisi bertajuk Liga 1 2020 akibat pandemi COVID-19.

Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir menilai fenomena itu merupakan hal yang wajar. Terlebih penundaan itu berlangsung cukup lama. Terhitung sejak pertengahan Maret 2020 lalu dan rencananya akan dilanjutkan pada awal Februari 2021 mendatang.

Baca Juga:

Efek Larangan Pemerintah, Arema FC Menjadwal Ulang Kedatangan Pilar Asing

Harapan Ismed Sofyan di Tahun 2021: Kompetisi Jalan

"Banyak pemain pastinya memikirkan masa depan. Apalagi dengan kompetisi yang belum jelas. Jadi, wajar mencari tambahan lain," ujar Supardi Nasir saat dihubungi, Jumat (1/1).

Selain itu, kata Supardi Nasir, para pemain juga mendapatkan potongan gaji yang cukup besar akibat ketiadaan kompetisi ini. Sesuai dengan keputusan PSSI, seluruh klub memperbolehkan memberikan gaji sebesar 25 persen.

"Dan menurut saya itu (bisnis) mulia, apalagi dia kepala keluarga dan itu wajar cari tambahan lain. Lagipula apa aibnya dari alih profesi itu? Itu hanya berubah saja, dari apa jadi jualan. Dan dari Agama itu adalah hal mulia, apalagi kita laki-laki harus bekerja," tegasnya.

Namun demikian, pemilik nomor punggung 22 ini berharap Liga 1 2020 bisa dilanjutkan. Dia berharap rencana PSSI dan PT LIB untuk melanjutkan kompetisi pada awal Februari 2021 bisa terwujud.

"Tentunya di tahun 2020 banyak semua hikmah yang terjadi terutama COVID-19 ini. Siapapun dan apapun profesinya berpengaruh, bukan hanya sepak bola, tapi di belahan dunia pun berpengaruh tentunya."

"Semoga tahun 2021 makin baik, Liganya cepat bergulir, karena itu yang diharapkan oleh semua pemain," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Supardi Nasir Persib Bandung Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan